Rabu, 01 April 2015

LESSON PLAN Asking and Giving Time (DailyActivity)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok                    : It’s My Birthday
  Sub Materi                       : Asking and Giving Time (Daily      Activity)
Pertemuan                         : 5
Alokasi waktu                  : 2 x 40 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD 3.3       : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
KD 4.3       : Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.      INDIKATOR
1.      Memahami fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2.      Membaca dengan  intonasi, ucapan, dan tekanan kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3.      Menyebutkan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
4.      Menyusunnama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahundalam bahasa inggris.
5.      Menggunakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6.      Menulis nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengekspresikan serta mempraktekkan didepan kelas tentang asking and giving the time dalam bentuk dialog. Selain itu, peserta didik juga dapat belajar serta menulis tentang daily activity dengan baik dan benar.

E.       MATERI PEMBELAJARAN
Asking the time
Questions
Responses
What time is it?
It is a half past three.
What is the time?
The time is ten to two.
Do you have the time ?
Yes, it is three o’clock
Could you tell me what time is it ?
What time is it the right now ?
I am sorry, can you tell me what the time is it ?

Giving the time
1. We use It is or It's to respond “What time is it?”
- It is half past five (5:30)
- It's ten to twelve (11:50)
2. We use the preposition AT before the time when giving the time of a specific event.
-   The bus arrives at midday (12:00)
-   The flight leaves at a quarter to two (1:45)
-   The concert begins at ten o'clock. (10:00)
Daily activities
Contoh:
Every morning, I usually get up at 05.00 o’clock. I have breakfast at 06.00 o’clock. At 06.30 I go to school. In the rest time, I have lunch at canteen. After having lunch, I study English in the class with my friends and my teacher. At 13.00, I back to my home.
Sometimes, I take a nap in the afternoon. At 03.00 o’clock in the evening, I do ashar prayer in the mosque near my house. I go to english course at 03.30 until 05.00. After dinner with my parents, I prepare my homework and study hard in my own room. Before sleeping, I pray first. At 09.00 o’clock I go to bed. I enjoy my activities everyday.
Asking for daily activities :
1.    What time do you usually wake up?
2.    What time you go to school ?
3.    What do you do in the evening?
4.    What time you do before sleep ?
5.    What do you do in the morning ?
Screenshot_8.png  Screenshot_9.png

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning.

G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation, Video.
2.      Alat                            : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.      Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.                  Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati video tentang daily activity.
ü Guru memberikan contoh pengucapan tentang daily activity yang ada di video.
ü Peserta didik menirukan contoh pengucapan dari guru.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti dalam bahasa Indonesia.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü  
ü Peserta didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
Mengasosiasi (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mencocokkan gambar dengan kalimat tentang daily activity.
ü Guru meminta peserta didik untuk menyusun kata menjadi kalimat tentang daily activity.
ü Secara kelompok, guru meminta peserta didik untuk menuliskan daily activity beserta jam nya sesuai dengan gambar yang telah disediakan oleh guru.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk membacakan hasil diskusinya didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Melakukan praktek membaca jam di depan kelas dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan seperti:
1.    What do you do in the morning?
2.    What do you do in the afternoon?
3.    What do you do in the evening?
4.    What do you do in the night?
MENANYA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
ü Menjawab pertanyaan singkat tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
ü Mengisi dialog tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
ü Melakukan dialog tentang nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
MENGASOSIASI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
Menalar dan membandingkan tentang pengucapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.

Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan monolog dan dialog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menulis teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3.      Observasi
(Terlampir)
4.      Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :
No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks daily activity berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




3
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




4
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat




Pedoman penilaian :
1.      Skor maksimal
Appendix 1, skor maksimal 5
Appendix 2, skor maksimal 10
                                                       +
                                             15
2.      Nilai maksimal = 100
3.      Nilai :  Skor perolehan x 2
X 100 =
 30
Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       



Banyumas, September 2014

Guru Pamong ,

Mahasiswa PPL,



Chatarina CS, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003




Hudriatul Hotimah
NIM. 1101050069


LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas 1.
Match the following sentences with the pictures on the right!

a.    I go to school at half past six

b.    I go to bed at nine o’clock in the night.

c.    I take a bath at six o’clock.

d.   I get up at five o’clock.

e.    I go home at half past twelve.


 
 


1
 
                                                                                   

2
 
                                                                                   
                                                                                   

3
 
                                                                                   
                                                                                   

41
 
                                                           
                                                                       

5
 
                                                           
                                                                       

Aktivitas 2.
Arrange the jumbled words into good sentence!
1.         five - I – at - o’clock - get up
2.         at - I - o’clock - take a bath - six
3.         have breakfast - at - I - a quarter past six.
4.         school - to – I - go - half past six - at
5.         home - I - at - half past twelve - go
6.         o’clock - I - at - two - take a nap
7.         I - four - football - at - o’clock – play
8.          at - in the evening - o’clock - I - have dinner - seven
9.         o’clock - at - eight – study - I
10.     I - nine - to - bed - at – go - o’clock


Aktivitas 3.
Screenshot_14.png
Please write down the activity and the time in each picture!

Tugas Siswa (Homework)
Write your daily activities in the morning, in the afternoon, in the evening, and at night!
Screenshot_16.png

1 komentar: