Rabu, 01 April 2015

LESSON PLAN Introducing oneself

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok                    : It’s Me
Sub Materi                        : Introducing oneself
Pertemuan                         : 1
Alokasi waktu                  : 2 x 40 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD. 3.2    : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan  perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
KD.4.2       : Menyusun teks lisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosia, struktur teks, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks.
C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri siswa dapat menuliskan contoh perkenalan diri sendiri berdasarkan data diri mereka untuk di praktekkan di depan kelas (melakukan monolog).

D.      INDIKATOR
1.                            Mengidentifikasi contoh perkenalan diri.
2.    Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks perkenalan diri.
3.    Menjawab pertanyaan tentang teks perkenalan diri.
4.    Membuat contoh perkenalan diri.
5.    Mempersentasikan contoh perkenalan diri..

E.       MATERI PEMBELAJARAN
INTRODUCING ONESELF
Contoh 1:
Contoh 2:
        Good morning my friends, let me introduce myself. My full name is Erlina Saputri. You can call me Erlina. E-R-L-I-N-A. I’m thirteen years old. I’m a student at SMP 2. I live in Jakarta. I go to school by bicycle. My hobbies are dancing and singing. My favorite color is red. My favorite food is meatball and my favorite drink is orange juice. Pleased to meet you.


Contoh 3:
Teacher            : What’s your name?
Fachri              : My name is Fachri
Teacher            : How do you spell it?
Fachri              : F-A-C-H-R-I

Introducing oneself
 Responding
Hello, I’m Erlin. What’s your name?
Hi. I’m Priska. May I know your name, please?
Hallo. Please allow me to introduce myself. My name’s Ihsan Hartono. You can call me Ihsan.
Hi, Erlin. I’m Ganish.
Hi, Priska. My name’s Riana.
Hello, Ihsan. I’m Yusan Prabowo.

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning.

G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation.
2.      Alat                            : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.      Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.      Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Guru bertanya kepada siswa, pernahkah mereka memperkenalkan diri mereka ke ke orang lain.
ü Guru meminta peserta didik untuk mencontohkan cara mereka memperkenalkan diri mereka ke orang lain.
ü Peserta didik menganalisis tanya jawab perkenalan diri antara guru dan siswa.
ü Peserta didik dapat menemukan kosakata baru dalam percakapan tersebut.
ü Guru memberikan contoh tentang perkenalan diri sendiri.
ü Guru mencontohkan cara membaca perkenalan diri yang ada di contoh.
ü Peserta didik memperhatikan ujaran dan intonasi guru dalam membaca.
ü Guru secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas dan meminta siswa untuk menirukan.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa bertanya tentang kosakata baru yang di temukan siswa dalam contoh.
ü Peserta didik menayakan bagaimana cara pengucapan yang baik dan benar mengenai beberapa kata atau ungkapan yang masih sulit.
ü Guru memberikan klarifikasi/jawaban berkaitan dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta didik.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru memberikan contoh lain tentang perkenalan diri sendiri.
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara memperkenalkan diri sendiri kepada orang lain dengan baik dan benar.
Mengasosiasi (15’)
ü Secara kelompok peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan contoh perkenalan diri yang disediakan guru.
ü Secara individu peserta didik membuat contoh perkenalan diri sesuai data diri mereka.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Secara acak guru meminta peserta didik untuk melakukan monolog tentang perkenalan diri yang sudah mereka buat.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.       Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Melakukan praktek monolog tentang perkenalan diri ke orang lain di depan kelas dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan seperti:
1.    What is your name?
2.    Where do you live?
3.    Where are you from?
4.    How old are you?
5.    How do you go to school?
etc.
MENANYA
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya (ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.)
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
ü Menjawab pertanyaan singkat perkenalan diri.
ü Membaca cara pengucapan perkenalan diri.
ü  
MENGASOSIASI
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
Menalar dan membandingkan contoh perkenalan diri.
Menulis contoh perkenalan diri.

MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial perkenalan diri serta responnya.
ü Mendemonstrasikan ketrampilan memperkenalkan diri sendiri dan perkenalan ke orang lain/melakukan monolog perkenalan diri.


Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan monolog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menulis teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3.      Observasi
(Terlampir)
4.      Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :

No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada rekaman monolog teks perkenalan diri.




3
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks perkenalan diri berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




4
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




5
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat





Pedoman penilaian :
1.      Skor maksimal
Appendix 1, skor maksimal 10
Appendix 2, skor maksimal 20
                                                       +
                                             30
2.      Nilai maksimal = 100
3.      Nilai :  Skor perolehan
X  100 =
Skor maksimal




Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       



Banyumas, September 2014

Guru Pamong ,

Mahasiswa PPL,



Chatarina CS, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003




Hudriatul Hotimah
NIM. 1101050069


LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas Siswa 1
            Good morning my friends, let me introduce myself. My full name is Erlina Saputri. You can call me Erlin. E-R-L-I-N-A. I’m thirteen years old. I’m a student at SMP 2. I live in Jakarta. I go to school by bicycle. My hobbies are dancing and singing. My favorite color is red. My favorite food is meatball and my favorite drink is orange juice. Pleased to meet you.

Answer the questions below!
1.        Who is she?
She is Erlina Saputri.
2.        What is her nick name?
3.        How old is she?
4.        Where does she study?
5.        Where does she live?
6.        How does she go to school?
7.        What are her hobbies?
8.        What is her favorite color?
9.        What is her favorite food?
10.    What is her favorite drink?
Aktivitas Siswa 2
Introduce yourself
Use the clues below.
Hello, my full name is ...................... You can call me .............. I am ................... years old. I am a student at ............. I am from ......... I live in ............. I go to school by ............... My hobbies are ............. My favorite food is ............ and my favorite drink is ............ Nice to meet you.







2 komentar:

  1. terima kasih atas ilmunya, kakak. Semangat teruus berkaryaa yaa

    BalasHapus
  2. Thanks for the material sist. It helps me to applicate in the class

    BalasHapus