Rabu, 01 April 2015

LESSON PLANS The Identity of Family Member (Description)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester             : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok                 : I Love People around Me
Sub Materi                     : The Identity of Family Member (Description)
Pertemuan                      : 3
Alokasi Waktu               : 2 x 40 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD 3.4     : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 4.4 : Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
KD 4.5     : Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.      INDIKATOR
1.    Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi keluarga.
2.    Menyusun teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan tentang anggota keluarga dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mendeskripsikan anggota keluarga dalam bahasa Inggris dengan benar.

E.       MATERI PEMBELAJARAN
Text 1
My Family
Hello, everyone. My name is Dewi. I would like to tell you about my family. There are five people in my family, they are my father, my mother, my brother, my sister and I. We live in Purwokerto.
My father’s name is Mr. Rahadian Aditya. He is forty-three years old. He works in a company as a manager. He likes playing badminton.
My mother’s name is Mrs. Rianti Aditya. She is thirty-five years old. She teaches English at SMP 2. She likes cooking and gardening. She always cooks on Sunday and during holidays.
Then, my brother’s name is Edwin Aditya. He is thirteen years old. He studies at SMP 2, grade 8. He likes playing football. He plays football with his friends three times a week, on Sunday, Thursday and Saturday.
My sister’s name is Putri Aditya. She is eight years old. She studies at Elementary School. As my mother, Putri likes cooking and gardening. She always helps our mother when cooking and gardening.
That’s all about my family. I love my family very much.

Text 2
My Mother
Good morning, everybody. Allow me to tell you about my mother. Her name is Mrs. Rianti. I am really close to her.
My mother is thirty-five years old. She is a teacher at SMP 2. She goes to work by car.
My mother is beautiful. Her height is about 160 centimeters. She has thin lips and pointed nose. There is a mole on her cheek.
My mother likes cooking and gardening. She always cooks on Sunday and during holidays. Every morning my mother water the flower.
My mother is patient, kind and helpful. Everyone loves and respects her. I am proud of her.
That’s my mother. I will tell you about my father and brother next time. Thank you.

1.      I have a sister.
2.      I have two sisters.
3.      Mr. Dani has three sons.
4.      Mrs. Rianti has three daughters.
5.      He/she has three sons.
6.      Dina has four brothers.
7.      Toni has four sisters.

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning, Diskusi.

G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation, Gambar.
2.      Alat                            : Laptop, LCD.
3.     Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.

b.   Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Guru menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar dan mengidentifikasi apa maksud dari gambar tersebut.
ü Peserta didik mengamati gambar.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang anggota keluarga dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru memberikan teks deskripsi tentang keluarga.
ü Guru memberikan contoh pengucapan kalimat yang ada didalam teks.
ü Peserta didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.


Mengasosiasi (15’)
ü Guru memberikan teks yang berbeda tentang deskripsi Ibu.
ü Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
ü Secara individu guru meminta peserta didik untuk membuat kalimat sederhana tentang keluarga.
ü Guru meminta peserta didik menulis teks deskripsi tentang Ayah/Ibu mereka.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan teks deskripsi mereka di depan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang presentasi.

c.    Penutup (5’)
ü Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari di pertemuan yang akan datang.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Melakukan monolog tentang deskripsi anggota keluarga dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota keluarga.
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan terkait dengan materi seperti:
1.     Do you have family?
2.     How many people in your family?
etc.
MENANYA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota keluarga.
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota keluarga.
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota keluarga.
ü Menirukan contoh pengucapan kalimat deskripsi keluarga.
ü Menjawab pertanyaan berdasarkn deskripsi keluarga.

MENGASOSIASI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota keluarga.
ü Menuliskan kalimat sederhana tentang deskripsi keluarga.
ü Menjawab pertanyaan tentang deskripsi keluarga.
ü Menulis teks deskripsi keluarga.
MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota keluarga.
ü Mempresentasikan hasil kegiatan pada aktivitas asosiasi di depan kelas.



Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan monolog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menyusun paragraf tentang keluarga.
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian (Terlampir)
3.      Observasi (Terlampir)

4.      Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :
No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada catatan vocabulary tentang anggota keluarga.




3
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penggunaan vocabulary tentang anggota keluarga berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




4
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




5
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat




Pedoman penilaian :
1.    Skor maksimal
     Aktivitas 2, skor maksimal 5
     Aktivitas 3, skor maksimal 20
                                                        +
                                             25
2.    Nilai maksimal = 100
3.    Nilai :  Skor perolehan X 4 =




Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       


Banyumas,  20 Oktober 2014
Guru Pamong ,

Mahasiswa PPL,


Chatarina CS, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003



Hudriatul Hotimah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas


Suyudi, S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004


LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik

LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas Siswa 1 (Individu)
Please make sentences based on the picture below.
Example:

I-sisters
Answer:
I have two sisters.
Endro-brother             Fadil-uncles
.......................             ....................
 
Mr. Dani-sons                         Mrs. Dewi-daughters.
......................                          ................................

Aktivitas Siswa 2 (In pair)
My Family
Hello, everyone. My name is Dewi. I would like to tell you about my family. There are five people in my family, they are my father, my mother, my brother, my sister and I. We live in Purwokerto.
My father’s name is Mr. Rahadian Aditya. He is forty-three years old. He works in a company as a manager. He likes playing badminton.
My mother’s name is Mrs. Rianti Aditya. She is thirty-five years old. She teaches English at SMP 2. She likes cooking and gardening. She always cooks on Sunday and during holidays.
Then, my brother’s name is Edwin Aditya. He is thirteen years old. He studies at SMP 2, grade 8. He likes playing football. He plays football with his friends three times a week, on Sunday, Thursday and Saturday.
My sister’s name is Putri Aditya. She is eight years old. She studies at Elementary School. As my mother, Putri likes cooking and gardening. She always helps our mother when cooking and gardening.
That’s all about my family. I love my family very much.

Answer the questions below.
1.    How many people are in Dewi’s family?
2.    How old is  Mr. Rahadian Aditya?
3.    What is Mr. Rahadian Aditya’s hobby?
4.    When does Mrs. Rianti Aditya cook?
5.    Where does Edwin Aditya study?

Aktivitas Siswa 3
Please tell your friends about your father or mother.

Homework
Tell one of your family in “My Family Photo”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar