Rabu, 01 April 2015

LESSON PLAN My Personal Identity

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester             : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok                 : I Love People around Me
Sub Materi                     : My Personal Identity
Pertemuan                      : 1
Alokasi Waktu               : 2 x 40 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD 3.4     : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 4.4 : Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
KD 4.5     : Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.      INDIKATOR
1.    Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.    Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.      Mengungkapakan teks memperkenalkan diri secara lisan

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, merespon makna teks pemaparan jati diri lisan dan tulis, dan menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang pemaparan jati diri.

E.       MATERI PEMBELAJARAN
Contoh teks pemaparan diri    :
Teks 1
Screenshot_1.png

Teks 2
Hi every body ! Let me introduce my self !
My name is Joni Susanto, but everyone may call me Susanto. I am fifteen years old. I am a student.  I go to SMK I  Bandar Lampung and I am in the first class. I choose automotive major here.  I live on A Yani street number 10 Bandar Lampung. Every morning I go to school on foot because my house is not far from my school. I sometimes go to school with my friend, Tina. I come from big family. I have two brothers and three sisters and my father is a civil servant. I usually watch football game on tv, because I like football. That’s  all about me. Thank you.

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning

G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation, Video.
2.      Alat                            : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.     Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.

b.   Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Guru menunjukkan film/gambar slide yang menunjukkan orang yang sedang mengenalkan (introduction) diri sendiri/pada orang lain
ü Siswa melihat, mendengar dan menyaksikan guru memaparkan dan menanyakan jati diri dalam bahasa Inggris secara benar sesuai kenyataan, untuk dapat dikenal siswa secara lebih dekat.
ü Guru mengulanginya berkali-kali, dan secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas, kalimat demi kalimat, isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam memaparkan dan menanyakan  jati diri.
ü Siswa menirukan guru mengatakan setiap kalimat.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan memaparkan dan menanyakan  jati diri dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi memaparkan dan menanyakan  jati diri dalam bahasa Inggris.
ü Siswa mengikuti dan menirukan contoh-contoh interaksi memaparkan dan menanyakan  jati diri dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memaparkan dan menanyakan  jatidiri.
ü Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam konteks pembelajaran.
ü Guru meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan perkenalan jati diri.
Mengasosiasi (15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara membaca dan mengucapkan sapaan dengan baik dan benar.
ü Memberi siswa  sebuah teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentang pemaparan jati diri
ü Guru meminta siswa untuk membandingkan perbedaan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri dan konteks yang digunakan pada teks tersebut dengan teks yang sebelumnya.
ü Guru meminta siswa untuk menulis teks perkenalan jati diri sesuai dengan identitas mereka.




Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempraktekkan mengungkapkan jati diri didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang presentasi.

c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Melakukan monolog menggunakan ungkapan perkenalan jati diri dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan perkenalan jati diri.
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan terkait dengan materi seperti:
1.     What is your name?
2.     How do you spell your name?
3.     Who is she?
MENANYA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan perkenalan jati diri.
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan perkenalan jati diri.
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan perkenalan jati diri.
ü Menirukan contoh pengucapan ungkapan perkenalan jati diri.
ü Menjawab pertanyaan tentang ungkapan perkenalan jati diri.

MENGASOSIASI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan perkenalan jati diri.
ü Menuliskan teks perkenalan jati diri.
ü Melakukan dialog tentang ungkapan perkenalan jati diri.
MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan perkenalan jati diri.
ü Mempraktekkan dialog tentang perkenalan jati diri.

Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan monolog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menyusun teks lisan dan tulis.
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3.      Observasi
(Terlampir)

4.      Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :
No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada catatan tentang ungkapan perkenalan jati diri.




3
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan ungkapan perkenalan jati diri. berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




4
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




5
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat




Pedoman penilaian :
1.    Skor maksimal
     Aktivitas 3, skor maksimal 10
     Aktivitas 4, skor maksimal 20
                                                        +
                                             30
2.    Nilai maksimal = 100
3.    Nilai :  Skor perolehan X 100 =
              Skor maksimal




Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       


Banyumas, 10 Oktober 2014

Guru Pamong ,

Mahasiswa PPL,



Chatarina CS, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003




Hudriatul Hotimah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas


Suyudi, S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004


LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik

LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas Siswa 1
(Observe the video)

Aktivitas Siswa 2
Answer the questions based on the text !
Complete the blank based on the text!

Aktivitas Siswa 3
Hi every body ! Let me introduce my self !
My name is Joni Susanto, but everyone may call me Susanto. I am fifteen years old. I am a student.  I go to SMA Melati  Bandar Lampung and I am in the first class. I live on A Yani street number 10 Bandar Lampung. Every morning I go to school on foot because my house is not far from my school. I sometimes go to school with my friend, Tina. I come from big family. I have two brothers and three sisters and my father is a civil servant. I usually watch football game  on tv, because I like football.
That’s  all about me. Thank you.

Answer the questions below.
1.    How old is Joni Susanto?
   He is fifteen years old.
2. Where was Joni Susanto born?
3. Where does Joni Susanto study ?
4. Where does Joni Susanto live?
5. How does Joni Susanto usully go to school?
6. With whom does Joni Susanto go to school?
7. How many brothers does he have?
8. How many sisters does he have?
9. What does his father do?
10. What is his hobby?

Aktivitas Siswa 4
Write your identity in the bubble below.

Homework
Make an identity card based on your reality!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar