Rabu, 01 April 2015

LESSON PLAN Introducing others

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan           : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok                    : It’s Me
Sub Materi                        : Introducing others
Pertemuan                         : 2
Alokasi waktu                  : 2 x 40 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD. 3.2    : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan  perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
KD.4.2       : Menyusun teks lisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosia, struktur teks, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks.

C.      INDIKATOR
1.                            Mengidentifikasi contoh perkenalan diri.
2.    Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks perkenalan diri.
3.                                Membuat contoh dialog perkenalan diri berdasarkan kartu situasi.
4.                                Mempersentasikan hasil diskusi.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri siswa dapat mengidentifikasi situasi dan berdiskusi dengan kelompok untuk di praktekkan di depan kelas.

E.       MATERI PEMBELAJARAN
INTRODUCING ONE TO OTHERS
Contoh 1.
Ganish                  : Good afternoon, Erlin.
Erlin                     : Good afternoon. Ganish, please meet my brother, Edwin. Edwin, this is Ganish, my classmate.
Ganish                  : Hello, Edwin.
Edwin                  : Hello, Ganish.

Contoh 2.
Rani                      : Hello, Windi.
Windi                   : Hello, Rani. I would like to introduce my friend, he is Toni. Toni, this is my friend, Rani.
Toni                      : Hi, Rani. Nice to meet you.
Rani                      : Hi, Nice to meet you too.



Introducing one to others
 Responding
1.    Please meet my brother, Edo.
2.    I would like to introduce my friend, she is Ninda.
3.    Let me introduce you to my mother.

4.    Noval, this is Rena. Rena, this is Noval.
5.    Allow me to introduce my sister.
6.    This is my brother. His name is Satrio.
7.    Nice to meet you.
8.    Pleased to meet you.
1.    Hi, Edo. I am Elsa. Pleased to meet you.
2.    Hi, Ninda. I am Windu. Nice to meet you.
3.    Good morning, Mom. My name is Helen.
4.    Hello, Rena. / Hello, Noval.
5.    How do you do?
6.    Hello, Satrio. Nice to meet you.
7.    Nice to meet you, too.
8.    Pleased to meet you, too.

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning.

G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation, Video
2.      Alat                            : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.      Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.

b.      Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Guru bertanya kepada siswa, pernahkah mereka memperkenalkan diri mereka ke ke orang lain.
ü Peserta didik menganalisis tanya jawab perkenalan diri antara guru dan siswa.
ü Peserta didik dapat menemukan kosakata baru dalam percakapan tersebut. 
ü Guru memberikan video tentang perkenalan diri kepada orang lain.
ü Guru mencontohkan cara membaca perkenalan diri yang ada di video.
ü Peserta didik memperhatikan ujaran dan intonasi guru dalam membaca.
ü Guru secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas dan meminta siswa untuk menirukan.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa bertanya tentang kosakata baru yang di temukan siswa dalam contoh.
ü Peserta didik menayakan bagaimana cara pengucapan yang baik dan benar mengenai beberapa kata atau ungkapan yang masih sulit.
ü Guru memberikan klarifikasi /  jawaban berkaitan dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta didik.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru memberikan contoh lain tentang perkenalan diri sendiri.
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara memperkenalkan diri sendiri kepada orang lain dengan baik dan benar.
Mengasosiasi (15’)
ü Secara kelompok peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan contoh perkenalan diri yang disediakan guru.
ü Secara individu peserta didik membuat contoh perkenalan diri sesuai data diri mereka.


Mengkomunikasikan (15’)
ü Secara acak guru meminta peserta didik untuk melakukan monolog tentang perkenalan diri yang sudah mereka buat.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.

c.       Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Melakukan praktek dialog tentang perkenalan diri ke orang lain di depan kelas 4 orang dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan seperti:
1.    Who is the girl?
2.    What is her nick name?
3.    How old is she?
4.    Where does she study?
5.    Where does she live?
etc.
MENANYA
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya (ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.)
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
ü Menirukan contoh perkenalan diri ke orang lain.
ü Menjawab pertanyaan singkat perkenalan diri.
ü Menjawab pertanyaan berdasarkan dialog.
MENGASOSIASI
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
ü Menalar dan membandingkan contoh perkenalan diri.
ü Menulis contoh perkenalan diri.
MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial perkenalan diri serta responnya.
ü Mendemonstrasikan ketrampilan memperkenalkan ke orang lain.

Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan monolog dan dialog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menulis teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3.      Observasi
(Terlampir)
4.      Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :
No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada rekaman dialog teks perkenalan diri ke orang lain.




3
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks perkenalan diri berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




4
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




5
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat





Pedoman penilaian :
1.    Skor maksimal
Appendix 1, skor maksimal 5
Appendix 2, skor maksimal 20
                                                                     +
                                                        25
2.    Nilai maksimal = 100
3.    Nilai :  Skor perolehan
      X  100 =
     Skor maksimal



Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       



Banyumas, 05 September 2014
Guru Pamong,

Mahasiswa PPL,


Chatarina C.S, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003



Hudriatul Hotimah
NIM. 1101050069
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas


Suyudi, S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004


LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik

LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas 1.
Erlin                : Do you know the dancer ?
Dodit               : She is Vinna, my neighbor. She studies at SMP 17. She likes dancing, especially pendet very much. Besides that, she likes             eating vegetable and fruit salad. Vinna also likes mango juice.
Erlin                : She is very graceful.
Based on the dialog, complete the texts below.
Vina is Dodit’s (1)................ She is a student at (2)........ She likes (3) ......... Her favorite food are (4)........ Her favorite drink is (5) ...........Thank you. 
Rounded Rectangle: Make a dialogue based on this situation with your group members and present it in front of class.
1. You have a friend. You want to introduce your friend to your father.
1. Kamu mempuyai teman. Kamu ingin memperkenalkan temanmu kepada ayahmu.

Aktivitas 2.


 

Rounded Rectangle: Make a dialogue based on this situation with your group members and present it in front of class.
4. You have a new classmate and you want to introduce her to your friends.
4. Kamu mempunyai teman kelas baru dan kamu ingin memperkenalkannya kepada teman-temanmu.
 













                                                                                                                                                                                    

                                                                                                                                                                                                        

Tugas siswa (Homework)
Write about two members of your family, using the outlines below.
Text 1.
Hello, my brother/my sister is                          . He /She is a student at                      .He/She likes ­             . His/Her favorite color is                         and his/her favorite food is               . Thank you.
Text 2
Hello, my father/my mother is                         . He/She works at ­­                  . He/She likes                          . His/Her favorite color  is                       and his/her favorite food is                . Thank you.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar