Rabu, 01 April 2015

LESSON PLAN (Ordinal Number, Birthday, National Day)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan           : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII / 1 (satu)
Materi Pokok                    : It’s My Birthday
Sub Materi                        : (Ordinal Number, Birthday,
 National Day)
Pertemuan ke                    : 6 (enam)
Alokasi waktu                  : 2 x 40 menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD 3.3       : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
KD 4.3       : Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.      INDIKATOR
1.      Memahami fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2.      Membaca dengan  intonasi, ucapan, dan tekanan kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3.      Menyebutkan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
4.      Menyusun nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahundalam bahasa inggris.
5.      Menggunakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6.      Menulis nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses pengamatan dan bertanya peserta didik dapat mengetahui, membaca, dan mengintonasikan Ordinal Number (angka tingkatan), tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk kata-kata.
Contoh Ordinal Number              : first, second, third, fourth, fifth, etc.
Contoh tanggal ulang tahun         : 19th of January 2000
Contoh hari nasional                    : 21st of April is Kartini’s Day

E.       MATERI PEMBELAJARAN
ü         Ordinal Number (angka tingkatan)
Ordinal number adalah angka-angka yang digunakan untuk menyatakan tingkatan, seperti pertama (first), kedua (second), dan ketiga(third).

Untuk menyatakan tanggal, gunakan ordinal number (bilangan tingkat). Gunakan akhiran th setelah penulisan angka kecuali untuk angka 1, 2, dan 3.
Penulisan tanggal dalam bahasa inggris bisa menggunakan cara dibawah ini:
Date-Month-Year
5 Oktober 2004           : the fifth of October 2004 atau 5th of October 2004
21 April 1996              : the twenty first of April 1996 atau 21st of April 1996

Asking about the Date
The following expression are used to ask about the date and the responses.
Asking about the date
Responding
What is the date today?
It is 2nd of June 2012
When were you born? / When is your birthday?
It is on 5th of May 1993
When do we celebrate Kartini’s Day?
It is on 21th of April

ü         It’s My Birthday
Untuk menanyakan tentang tanggal ulang tahun, gunakan pertanyaan seperti: When is your birthday? Respon untuk menjawab:
-          My birthday is in July
-          It is on the second of July
-          It is on July the second
ü         National Day
We have national and international great days. The following are several national days.
Contoh:
Untuk menanyakan tentang hari nasional, gunakan pertanyaan seperti: When do we celebrate Kartini’s Day? Respon untuk menjawab: It is on 21th of April.

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning, Diskusi.


G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation, Video, Kertas Asturo
2.      Alat                            : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.                                                                               Sumber Belajar          : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.

b.   Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati video tentang ordinal number.
ü Guru bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan cara membaca ordinal number.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara pengucapan ordinal number.
ü Guru meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan guru secara bersama-sama dan secara individu.
ü Secara individu guru meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan singkat tentang ordinal number.
ü Guru bertanya kepada peserta didik tanggal ulang tahun mereka dan cara penulisan tanggal ulang tahun menggunakan ordinal number dalam bahasa Inggris.
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara menuliskan tanggal ulang tahun menggunakan ordinal number, misalnya 19th of January.
ü Guru memberikan contoh penulisan tanggal yang lain dan meminta peserta didik untuk menuliskan tanggal tersebut kedalam kata-kata.
ü Guru menunjuk peserta didik secara acak untuk mengucapkan tanggal ulang tahun mereka.
ü Guru meminta peserta didik untuk melengkapi dialog tentang hari ulang tahun kemudian mempraktekkan dialog tersebut dengan teman sebangku.
Mengasosiasi (15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara membaca dan menulis tanggal menggunakan ordinal number dengan baik dan benar.
ü Secara kelompok guru meminta peserta didik untuk menyusun huruf menjadi ordinal number.
ü Kelompok yang tercepat dan terbanyak menyusun huruf menjadi ordinal number mendapatkan tambahan point.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.

c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.




I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Menuliskan angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan dan lisan dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan seperti:
1.    How do you say 11th in word?
2.    When is your birthday?
3.    When do we celebrate Kartini’s day?

MENANYA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
ü Menirukan contoh pengucapan ordinal number.
ü Menuliskan tanggal ulang tahun.
ü Melengkapi dialog tentang tanggal ulang tahun.

MENGASOSIASI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
Dengan kelompok menyusun huruf menjadi ordinal number.
MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
ü Mempresentasikan hasil kerja kelompok menyusun huruf menjadi ordinal number.

Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan dialog tentang tanggal ulang tahun
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menulis tanggal
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3.      Observasi
(Terlampir)



4.      Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :
No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada catatan tentang angka ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional.




3
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan angka ordinal, tanggal lahir dan hari nasional berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




4
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




5
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat




Pedoman penilaian :
1.      Skor maksimal
Aktivitas 2, skor maksimal 10
Aktivitas 3, skor maksimal 20
                                                       +
                                             30
2.      Nilai maksimal = 100
3.      Nilai :  Skor perolehan
100  =
Skor maksimal
Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       


Banyumas, 26 September 2014

Guru Pamong,

Mahasiswa PPL,


Chatarina CS, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003



Hudriatul Hotimah

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas


Suyudi, S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik

LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Activity 1.
(Observe the video)
Activity 2 (Individu)
6.    14th =
A.    Fourteenth
B.     Fourty
C.     Fourteen
1.    20th =
A.  Twelve
B.  Twenty
C.  Twentieth
2.    45th =
A.    Forty-fifth
B.     Forty five
C.     Fourteen
3.    50th =
A.    Fifty
B.     Fiftieth
C.     Fifteen
4.    90th =
A.    Nineteen
B.     Ninety
C.     Ninetieth


 
5.    The second =
A.    2nd
B.     3th
C.     4th
6.    The third =
A.    1st
B.     2nd
C.     3rd
7.    The sixth =
A.  60th
B.  6th
C.  16th
8.    Tenth =
A.  10th
B.  20th
C.  30th
9.    Thirteenth =
A.  30th
B.  13th
C.  3rd

  1. Tenth
 
Choose the best answer!












Activity 3 (In pair)
Complete the dialogue based on your reality and practice it with your partner!
A         : When is your birthday?
B         : My birthday is in July.
It is on the second of July.
It is on July the second.


Activity 4
Homework
Answer the questions based on the calendar given!
1.        When do we celebrate the Kartini’s Day? (April 21st)
 
Answer:
We celebrate the Kartini’s Day is in April.
It is on the twenty-first of April.
It is on April the twenty-first.
2.        When do we celebrate the National Education’s Day? (May 2nd)
3.         When do we celebrate our Independence Day? (August 17th)
4.        When do we celebrate the Youth Pledge Day? (October 28th)
5.        When do we celebrate the Heroes’ Day? (November 10th)
6.        When do we celebrate the Mother’s Day? (December 22nd)
7.        When do we celebrate the National Awakening Day? (May 20th)
8.        When do we celebrate Pancasila’s Day? (June 1st)
9.        When do we celebrate Batik’s Day? (October 2nd)

10.    When do we celebrate Indonesian National Armed Forces’ Day? (October 5th)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar