Rabu, 01 April 2015

LESSON PLAN UNIT 1: HOW ARE YOU?


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester             : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok                 : How Are You?
Sub Materi                     : Greet, Thank, Take Leave and Apologize
Alokasi Waktu               : 12 x 40 Menit (6 Pertemuan)

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD.1        : Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa   pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
KD.2.3     : Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
KD. 3.1    : Memahami fungsi sosial, structur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
KD.4.1     : Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, amitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.      INDIKATOR
1.    Memahami fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.
2.    Membaca dengan  intonasi, ucapan, dan tekanan kata secara baik dan benar dalam bahasa Inggris.
3.    Menulis dialog menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.
4.    Menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf dalam kehidupan sehari-hari.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Melalui proses pengamatan dan bertanya peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan merespon sapaan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Pertemuan 2
Melalui proses pengamatan dan bertanya peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan merespon ungkapan perasaan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan merespon ucapan terima kasih dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Pertemuan 4
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan merespon pamitan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Pertemuan 5
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan merespon permintaan maaf dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Pertemuan 6
Melalui proses pengamatan dan pengetahuan yang sudah diajarkan pada pertemuan ini peserta didik dapat menguasai materi aspek pengetahuan (Ulangan Harian).

E.       MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Greeting (Ungkapan Salam/sapaan)
Contoh:
Father             : Good morning, Dear!
Cintya            : Good morning, Dad!
Father             : How are you today?
Cintya            : I am fine, thank you.


a.    Formal Greeting
Expression
Responding
Good morning
Good morning
Good day/noon
Good day/noon
Good afternoon
Good afternoon
Good evening
Good evening

b.   Informal Greeting
Expressions
Responding
Hi
Hi
Hello
Hello
How are you?
I’m fine
How is life?
Not bad, thanks
How do you do?
How do you do?
How is everything with you?
Pretty well. Thanks
How are you doing
I am very well thanks

Pertemuan 2
Feeling
Contoh:
Erlin           : Hello, Ganish.
Ganish        : Hello, Erlin.
Erlin           : How are you today?
Ganish        : I’m fine thanks. How about you?
Erlin           : I’m not feeling well.
Ganish        : What is the problem?
Erlin           : I have toothache.
Ganish        : Sorry to hear that. Get well soon, Erlin.
Erlin           : Thank you, Ganish.


The kinds of  expression of sickness
Sickness
Meaning
Headhache
sakit kepala
Stomachache
sakit perut
Toothache
sakit gigi
Backache
sakit punggung
Flu
flu
Cold
masuk angin
Cough
batuk
Fever
demam
sore throat
sakit tenggorokan
sore eye(s)
sakit mata

Pertemuan 3
Thank
Contoh:
Nina         : hi, Ratna. How are you?
Ratna        : hi nina. I’m fine, and you ?
Nina         : I’m fine too. Ratna, thanks for your help yesterday.
Ratna        : you are welcome.


Expressions
Responding
Thank you
You are welcome.
Thanks.
Yes thanks.
Thank you very much.
No, problem
Thanks a lot.
Don’t mention it.
Thank for your help.


Pertemuan 4
Take leave
Contoh:
Ganish      : Sorry, I think I have to go home now.
Erlin         : All right. I’ll see you tomorrow.
Ganish      : See you.

 

Expressions
Responding
Good bye
Bye
Bye – bye
Bye
See you later
See you
Sorry, I have to go now
Take care.
See you tommorow
See you. Take care
See you next week
Keep in touch
I'll talk to you later
Sure. See you later.

Pertemuan 5
Apologize
Contoh:
Edo          : I’m sorry, Sir. I am late
Teacher     : That’s all right. Go to your seat.


Expressions
Responding
Sorry, I could not come to your house.
It's all right.
I'm very sorry for my mistake.
Never mind
I apologize for my mistake.
No Problem.
Sony really must apologize for his mistake.
Forget it.
I am really sorry about that.
No worry.
Forgive me for my mistake.
Take it easy.
I am very sorry.
That’s OK.
I apologise for...
Please don’t be sorry.
Please accept my apology.
It doesn’t matter.

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning
G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation, Video, Gambar, Kartu Situasi.
2.      Alat                            : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.     Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.   Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati video tentang greeting.
ü Guru bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti berbagai ekspresi greeting dalam bahasa Indonesia.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara pengucapan greeting.
ü Guru meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan guru secara bersama-sama dan secara individu.
ü Secara individu guru meminta peserta didik untuk mengisi missing letters tentang greeting.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengucapkan jawaban tersebut.
Mengasosiasi (15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara membaca dan mengucapkan sapaan dengan baik dan benar.
ü Secara individu guru meminta peserta didik untuk menyebutkan jenis sapaan berdasarkan gambar yang telah tersedia.
ü Secara berpasangan guru meminta peserta didik untuk membuat dialog menggunakan sapaan berdasarkan situasi yang telah disediakan.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempraktekkan dialog didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang presentasi.
c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

Pertemuan 2
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.   Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati gambar tentang ungkapan perasaan.
ü Guru bertanya tentang pendapat siswa mengenai gambar.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti ungkapan perasaan dalam bahasa Indonesia.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan perasaan dalam dialog.
ü Guru meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru meminta peserta didik untuk membaca dialog tentang ungkapan perasaan.
ü Peserta didik menemukan kosakata baru yang ada pada dialog.
Mengasosiasi (15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara membaca dan mengungkapkan ucapan perasaan dengan baik dan benar.
ü Guru meminta peserta didik untuk bertanya kepada teman-teman yang lain tentang yang mereka rasakan. Misalnya dalam keadaan baik-baik saja, merasakan sakit dan lain-lain.
ü Peserta didik diminta untuk membuat dialog tentang ungkapan perasaan dengan teman sebangku.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Peserta didik mempraktekkan dialog didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
d.   Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

Pertemuan 3
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
e.    Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati video tentang ucapan terima kasih.
ü Guru bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan cara pengucapan ungkapan terima kasih.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan terima kasih dalam dialog.
ü Guru meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengisi dialog tentang ungkapan terima kasih.
ü Peserta didik mempraktekkan dialog dengan teman sebangku.
ü Guru meminta peserta didik untuk menuliskan ungkapan terima kasih berdasarkan gambar yang telah tersedia.
Mengasosiasi (15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara membaca dan menggunakan ungkapan terima kasih dengan baik dan benar.
ü Secara kelompok guru meminta peserta didik untuk membuat dialog tentang ungkapan terimakasih berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh guru.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan dialog tentang ungkapan terimakasih didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

Pertemuan 4
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.   Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati video tentang ungkapan pamitan.
ü Guru bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti ungkapan pamitan dalam bahasa Indonesia.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan pamitan dalam dialog.
ü Guru meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengisi dialog tentang ungkapan pamitan.
ü Peserta didik mempraktekkan dialog dengan teman sebangku.
Mengasosiasi (15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara membaca dan menggunakan ungkapan pamitan dengan baik dan benar.
ü Guru meminta peserta didik untuk menuliskan daftar nama dengan siapa saja peserta didik menggunakan ungkapan pamitan.
ü Guru meminta peserta didik untuk membuat dialog tentang ungkapan pamitan berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempraktekkan dialog tentang ungkapan pamitan didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

Pertemuan 5
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.   Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati video tentang ungkapan permintaan maaf.
ü Guru bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti ungkapan permintaan maaf dalam bahasa Indonesia.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan permintaan maaf dalam dialog.
ü Guru meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengisi dialog tentang ungkapan permintaan maaf.
ü Peserta didik mempraktekkan dialog dengan teman sebangku.
Mengasosiasi (15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara membaca dan menggunakan ungkapan permintaan maaf dengan baik dan benar.
ü Secara kelompok guru meminta peserta didik untuk membuat dialog tentang ungkapan permintaan maaf berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh guru.

Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempraktekkan dialog tentang permintaan maaf didepan kelas.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

Pertemuan 6
Peserta didik menguasai materi aspek pengetahuan (Ulangan Harian).

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Melakukan dialog menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan terkait dengan materi seperti:
1.     What will you say when you meet your teacher in the morning?
2.     Have you ever feel headache?
3.     What will you say if you get new shoes from your father?
4.     What will you say if you broke your friend’s ruler?
MENANYA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
ü Menirukan contoh pengucapan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
ü Menjawab pertanyaan singkat tentang ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
ü Melengkapi dialog tentang ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.

MENGASOSIASI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
Melakukan dialog tentang ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
ü Mempraktekkan dialog tentang ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.

Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan dialog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menyusun teks lisan dan tulis.
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3.      Observasi
(Terlampir)
4.      Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :
No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada catatan tentang ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.




3
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




4
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




5
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat





Pedoman penilaian :
Pertemuan 1
1.    Skor maksimal
     Aktivitas 2, skor maksimal 4
     Aktivitas 3, skor maksimal 6
                                                        +
                                             10
2.    Nilai maksimal = 100
3.    Nilai :  Skor perolehan
X  100  =
Skor maksimal



Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       


Banyumas, Oktober 2014

Guru Pamong ,

Mahasiswa PPL,



Chatarina CS, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003




Hudriatul Hotimah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas


Suyudi, S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004


LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Pertemuan 1
Aktivitas Siswa 1
(Observe the video)
Aktivitas Siswa 2
Aktivitas Siswa 3
What kind of greetings should you say?
Aktivitas Siswa 4
Make a dialogue based on this situations.
1.    You are going to school. You bid farewell to your parents.
2.    You meet your friend, from another class, in the canteen at the first break.
3.    You meet your teacher in a supermarket. It is 4 p.m.
4.    You visit your grandmother at her house on Sunday morning. You ask about her condition.
5.    You are going to bed. You bid farewell to your brother.

Pertemuan 2
Aktivitas Siswa 1
Please ask your classmates about their feelings and write them down here. Use the model expression above.

Aktivitas Siswa 2
Please make you own dialoge using the expression above and practice it in front of the class.

Pertemuan 3
Aktivitas Siswa 1
(Observe the video)

Aktivitas Siswa 2
Dialog 1
Denias             : Erlin, wait!
Erlin                : What’s up?
Denias             : Here is you pencil. Thank you for lending me.
Erlin                : ......................
Dialog 2
Farah               : Dini, could you do me a favor, please?
Dini                 : Sure. What is it?
Farah               : could you pass my absence letter to Miss Anita?
Dini                 : No problem.
Farah               : Thank you.
Dini                 : .....................

Aktivitas Siswa 3
Contoh:
Carry – a heavy box
Father              : Could you help me carry this heavy box?
Andri               : Sure, Papa.
Father              : Thank you.
Andri               : You are welcome.


1.    Get – a bottle of water
2.    Clean – the board
3.    Sweep – the backyard
4.    Wash – the dirty shoes
Aktivitas Siswa 4
Please write down some expressions for the picture below.
Tugas Siswa (Homework)
Please write the names of people to whom you said thank you and where you said it.

Pertemuan 4
Aktivitas Siswa 1
(Observe the video)

Aktivitas Siswa 2
Please write the names of people to whom you said goodbye and where you said it.

Aktivitas Siswa 3
Complete the following dialogue.
Dialog 1
Riri      : Sorry, I have to go home now.
Andri   : All right. I’ll see you tomorrow.
Riri      : ...............
Dialog 2
Putra                : I’m going to school now, Mom.
Mrs. Heri         : All right. Take care, dear.
Putra                : Sure. Bye, Mom.
Mrs. Heri         : .................

Pertemuan 5
Aktivitas Siswa 1
(Observe the video)

Aktivitas Siswa 2
Dialog 1
Nunik              : ....................
Tatan               : Goodbye. Take care.
Dialog 2
Fatin                : Let’s go home. .....................
Ganesa                        : See you.


2 komentar:

  1. assalamu'alaikum,a, mohon izin copy materinya,, thanks ind advance...by haris

    BalasHapus
  2. mohon izin untuk mengkopy lesson panenya sebgai bahan acuan.

    BalasHapus