Rabu, 01 April 2015

LESSON PLAN Cardinal Numbers and Years

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok                    : It’s My Birthday
Sub Materi                        : Cardinal Numbers and Years
Pertemuan                         : 3
Alokasi waktu                  : 2 x 40 Menit


A.      KOMPETENSI INTI
KI.1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
KD 3.3       : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
KD 4.3       : Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.      INDIKATOR
1.      Memahami fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2.      Membaca dengan  intonasi, ucapan, dan tekanan kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3.      Menyebutkan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
4.      Menyusunnama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahundalam bahasa inggris.
5.      Menggunakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6.      Menulis nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses pengamatan dan bertanya peserta didik dapat mengetahui, membaca, dan mengintonasikan angka Cardinal Number (angka biasa) dan menuliskan tahun dalam bentuk kata-kata dengan baik dan benar.

E.       MATERI PEMBELAJARAN
ü    Cardinal Number (angka biasa)
1 : one                         21        :twenty-one
2 : two                         22        : twenty-two
3 : three                       23        : twenty-three
4 : four                                    24        : twenty-four
5 : five                         25        : twenty-five
6 : six                           30        : thirty
7 : seven                      40        : forty
8 : eight                       50        : fifty
9 : nine                                    60        : sixty
10 : ten                                    70        : seventy
11 : eleven                   80        : eighty
12 : twelve                  90        : ninety
13 : thirteen                 100      : one hundred
14 : fourteen               
15 : fifteen
16 : sixteen
17 : seventeen
18 : eighteen
19 : nineteen
20 : twenty
 
 















1. Untuk menyatakan belasan, digunakan akhiran teen kecuali 11 and 12
E.g: 13 = thirteen                       15 = fifteen
14 = fourtheen                   16 = sixteen
2. Untuk menyatakan puluhan, digunkan akhiran ty kecuali 10.
E.g: 20 = twenty                        40 = fourty
             30 = thirty                          50 = fifty
3. Untuk menyatakan ratusan, digunakan akhiran hundred.
E.g: 345 (three hundred and fourty five)
     213 (two hundred and thirteen)
4. Untuk menyatakan ribuan, digunakan akhiran thousand
E.g: 2,345 (two thousand three hundred and fourty five)

ü Arithmetic
× : multiply
÷ : devide
+ : plus
– : minus
 
 






Example of arithmetic :
2 × 3 = 6 (two multiplied three is six)
9 ÷ 3 = 3 (nine devided by three is three)
5 + 5 = 10 (five plus five is ten)
6 – 5 = 1(six minus five is one)

ü Names of The Years
Untuk menyatakan tahun menggunakan potongan dua angka atau dibaca lengkap.
Contoh :
1999 : nineteen ninety nine
2006 : two thousand and six
2014 : two thousand and fourteen
1945 : nineteen forty five

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                  : Scientific Approach
2.    Model Pembelajaran    : Problem Based Learning.

G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                         : Power Point Presentation, Video
2.      Alat                            : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.      Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
ü Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü Guru bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.                  Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta didik mengamati video tentang angka cardinal dalam bahasa inggris.
ü Guru memberikan contoh pengucapan angka cardinal yang ada di video.
ü Peserta didik menirukan contoh pengucapan angka cardinal.
Menanya (5’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan cara mengintonasikan angka cardinal dengan baik dan benar.
ü Guru mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk menuliskan angka cardinal dalam bentuk angka dan tulisan.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengintonasikan angka cardinal dalam bentuk tulisan.
ü Peserta didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara membaca dan menulis angka cardinal dengan baik dan benar.
Mengasosiasi (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk menuliskan aritmatika dalam bentuk tulisan.
ü Guru meminta peserta didik untuk mencocokkan tahun dalam bentuk angka dengan tahun dalam bentuk tulisan.
ü Secara kelompok, guru meminta peserta didik untuk mengisi teka teki tentang angka cardinal.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok teka teki tentang angka cardinal.
ü Guru dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.    Penutup (5’)
ü Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Kinerja (praktek)
a.    Melakukan praktek tentang penulisan angka cardinal di depan kelas dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.    Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
MENGAMATI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan seperti:
1.    How to say 8 in words?
2.    How to write nine in number?

MENANYA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
MENGUMPULKAN DATA
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
ü Menulis angka cardinal ke bentuk tulisan dan tulisan ke bentuk angka.
ü Menuliskan angka aritmatika dalam bentuk tulisan.
MENGASOSIASI
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
ü Mencocokkan tahun dalam bentuk angka dengan tahun dalam bentuk tulisan.
ü Mengisi angka cardinal dalam teka teki silang.
MENGOMUNIKASIKAN
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan   dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang angka cardinal.



Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak jelas pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
Semua kegiatan jelas dan rinci
Menanya
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Melakukan monolog dan dialog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
Menyunting dan menulis teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.      Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3.      Observasi
(Terlampir)
4.      Portofolio





Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik   :
Kelas                          :
Guru                           :
No.
Aspek
Kriteria
SB
B
C
K
1
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.




2
Ada rekaman monolog teks perkenalan diri.




3
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks perkenalan diri berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi




4
Ada kumpulan hasil tes dan latihan




5
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat





Pedoman penilaian :
1.      Skor maksimal
Appendix 1, skor maksimal 50
Appendix 2, skor maksimal 50
                                                       +
                                             100
2.      Nilai maksimal = 100
3.      Nilai :  Skor perolehan
X  100 =
Skor maksimal



Speaking Rubric
Student’s name: ________                               Class: _____
No.
Aspect
Score
1
2
3
4
1.
Fluency
2.
Language
a. Pronunciation and intonation
b. Grammar
c. Vocabulary and content
3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Total Score
Maximum Score
20
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:       



Banyumas, September 2014

Guru Pamong ,

Mahasiswa PPL,



Chatarina CS, S.Pd
NIP. 19641210 198601 2 003




Hudriatul Hotimah
NIM. 1101050069



LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Bertanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Percaya Diri
Santun
1
Ali Sholikhin





2
Alvin Dwi Cahyo





3
Arafli Tri Siskarno





4
Fachrudin Fathur Rohman





5
Heri Prayitno





6
Meiko Nur Andrean





7
Mohamad Rizal Pradana





8
Muchamad Riyan





9
Muchamad Yusuf





10
Pudji Pangestu





11
Rafizta Pri Andika





12
Rifqi Nur Fatur Rohman





13
Rizal Nurdi Siswanto





14
Roy Bagas Romadona





15
Satria Putra Perwira





16
Sutrimo Bayu Aji





17
Teguh Winarko





18
Tomi Al Fandi





19
Wahyu Aldiansyah





20
Yayank Restu Firmansyah





21
Anisa Rahma Diyanti





22
Anisa Sekti Khotimah





23
Gita Dwi Septiani





24
Gusmita Tri Anjani





25
Handwi Pramesti





26
Linda Arum Mawarni





27
Novida Ayu Kusumawardani





28
Siti Nurkhasanah





29
Tantri Arniati





30
Veggy Dwi Saputri





31
Wanda Fahlevi





32
Widya Puspita Anggraeni





Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang           2 = Kurang      3 = Cukup       4 = Baik          5 = Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas 1.
Write the number to words, and the words to number.
1.        14 = ________________________________________
2.        25 = _________________________________________
3.        356 = ________________________________________
4.        1050 = _______________________________________
5.        3011 = _______________________________________
6.        Eight hundred and thirty six =______________________
7.        Fifty five = _____________________________________
8.        Two thousand and five = __________________________
9.        Four thousand and twelve = _______________________
10.    Five thousand and twenty nine = ___________________

Aktivitas 2.
Write the following number in words!
1)         6 + 2 = 8 (six plus two is eight)
2)        9 - 6 = .....................................
3)        5 x 2 = ....................................
4)        8 : 2 = ....................................
5)        4 + 3 = ...................................
6)        7 – 1 = ...................................
7)        9 x 1 = ...................................
8)        2 : 2 = ...................................
9)        1 + 8 = ..................................
10)    3 – 1 = ..................................

Aktivitas 3.
Match these years with the words on the right.
1825                                Nineteen ninety two
1992                                Eighteen twenty five
1950                                Ninety fifty
2004                                Two thousand and ten
2000                                Two thousand
2010                            Two thousand and four

Aktivitas 4.
Do you know how to write 1-10? Spell out the number in the squares below!
Tugas Siswa (Homework)

Hafalkan angka cardinal dari 1-50!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar