RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2
Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Sub
Materi : Asking and
Giving Time (Daily Activity)
Pertemuan :
5
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.3 :
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
KD
4.3 : Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3. Menyebutkan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan
tahun dalam bahasa inggris.
4. Menyusunnama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal dan tahundalam bahasa inggris.
5. Menggunakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6. Menulis
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan
mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengekspresikan serta
mempraktekkan didepan kelas tentang asking and giving the time dalam bentuk
dialog. Selain itu, peserta didik juga dapat belajar serta menulis tentang daily
activity dengan baik dan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Asking the time
Questions
|
Responses
|
What time is
it?
|
It is a half past three.
|
What is the
time?
|
The time is
ten to two.
|
Do you have
the time ?
|
Yes, it is
three o’clock
|
Could you tell
me what time is it ?
|
|
What time is
it the right now ?
|
|
I am sorry,
can you tell me what the time is it ?
|
Giving the time
1. We use It is
or It's to respond “What time is it?”
-
It is half past five (5:30)
-
It's
ten to twelve (11:50)
2. We use the
preposition AT before the time when giving the time of a specific event.
- The
bus arrives at midday (12:00)
- The
flight leaves at a quarter to two (1:45)
- The
concert begins at ten o'clock. (10:00)
Daily activities
Contoh:
Every morning, I
usually get up at 05.00 o’clock. I have breakfast at 06.00 o’clock. At 06.30 I
go to school. In the rest time, I have lunch at canteen. After having lunch, I
study English in the class with my friends and my teacher. At 13.00, I back to
my home.
Sometimes, I take a nap
in the afternoon. At 03.00 o’clock in the evening, I do ashar prayer in the
mosque near my house. I go to english course at 03.30 until 05.00. After dinner
with my parents, I prepare my homework and study hard in my own room. Before
sleeping, I pray first. At 09.00 o’clock I go to bed. I enjoy my activities
everyday.
Asking for daily activities :
1. What time do you usually wake up?
2. What time you go to school ?
3. What do you do in the evening?
4. What time you do before sleep ?
5. What do you do in the morning ?
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Video.
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris
Kelas VII When English Rings a Bell. Buku
Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang daily activity.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan tentang daily activity yang ada di video.
ü Peserta
didik menirukan contoh pengucapan dari guru.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti dalam bahasa
Indonesia.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan
tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü
ü Peserta
didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
Mengasosiasi
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mencocokkan gambar dengan kalimat tentang daily
activity.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menyusun kata menjadi kalimat tentang daily
activity.
ü Secara
kelompok, guru meminta peserta didik untuk menuliskan daily activity beserta
jam nya sesuai dengan gambar yang telah disediakan oleh guru.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk membacakan hasil diskusinya didepan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c. Penutup (5’)
ü
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan praktek membaca jam di depan kelas dengan
kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan
seperti:
1. What do you do
in the morning?
2. What do you do in the afternoon?
3. What do you do
in the evening?
4. What do you do
in the night?
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Keterampilan bertanya berbagai
informasi tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Menjawab pertanyaan singkat
tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal
dan tahun.
ü Mengisi dialog tentang nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
ü Melakukan dialog tentang nama
waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
|
Menalar dan membandingkan tentang pengucapan nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
|
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan
data tentang fungsi sosial nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam angka, tanggal dan tahun.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang
belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang
sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang
tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog dan dialog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi
lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta
ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menulis teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang
lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan
harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
||||
2
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penulisan teks daily activity berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
|
||||
3
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
||||
4
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
Pedoman penilaian :
1.
Skor
maksimal
Appendix 1, skor
maksimal 5
Appendix 2, skor
maksimal 10
+
15
2.
Nilai
maksimal = 100
3.
Nilai
: Skor perolehan x 2
X 100 =
30
Speaking Rubric
Speaking Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
Banyumas,
September 2014
|
||
Guru
Pamong ,
|
Mahasiswa
PPL,
|
|
Chatarina
CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
Hudriatul
Hotimah
NIM.
1101050069
|
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|||||
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|||||
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|||||
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|||||
5
|
Heri Prayitno
|
|||||
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|||||
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|||||
8
|
Muchamad Riyan
|
|||||
9
|
Muchamad Yusuf
|
|||||
10
|
Pudji Pangestu
|
|||||
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|||||
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|||||
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|||||
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|||||
15
|
Satria Putra Perwira
|
|||||
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|||||
17
|
Teguh Winarko
|
|||||
18
|
Tomi Al Fandi
|
|||||
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|||||
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|||||
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|||||
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|||||
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|||||
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|||||
25
|
Handwi Pramesti
|
|||||
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|||||
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|||||
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|||||
29
|
Tantri Arniati
|
|||||
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|||||
31
|
Wanda Fahlevi
|
|||||
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas 1.
Match
the following sentences with the pictures on the right!
|
|
|
|
|
|
Aktivitas 2.
Arrange the jumbled words into good
sentence!
1.
five - I – at - o’clock - get up
2.
at - I - o’clock - take a bath - six
3.
have breakfast - at - I - a quarter past six.
4.
school - to – I - go - half past six -
at
5.
home - I - at - half past twelve - go
6.
o’clock - I - at - two - take a nap
7.
I - four - football - at - o’clock –
play
8.
at - in the evening - o’clock - I - have
dinner - seven
9.
o’clock - at - eight – study - I
10. I
- nine - to - bed - at – go - o’clock
Aktivitas 3.
Please write down the activity and
the time in each picture!
Tugas Siswa (Homework)
Write your daily activities in the morning, in the afternoon, in the evening, and at night!
Write your daily activities in the morning, in the afternoon, in the evening, and at night!
mba, gambarnya ko g kebuka y?
BalasHapus