RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok : I Love People around Me
Sub Materi : Member of Family
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah
abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD
3.4 : Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 4.4 : Menangkap makna pemaparan
jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
KD 4.5 : Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
2. Menyebutkan
kosakata tentang anggota keluarga dalam bahasa Inggris.
3. Mengisi
kalimat rumpang tentang hubungan/status seseorang dalam keluarga.
4. Menulis
kalimat berdasarkan family tree yang
telah disediakan.
5.
Menyusun
family tree berdasarkan keluarga
siswa.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan
informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengetahui dan
menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa inggris dengan benar. Selain itu
peserta didik juga dapat membaca family
tree dan membuat family tree berdasarkan
anggota keluarga masing-masing.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Member
of Family
Family
Tree
1. Mr.
Didi is Siti’s father
2. Mrs.
Hasanah is Siti’s mother.
3. Mr.
Didi and Mrs. Hasanah are Siti’s parents.
4. Mrs.
Hasanah is Mr. Didi’s wife.
5. Mr.
Didi is Mrs. Hasanah’s husband.
6. Siti
is Mr. Didi’s daughter/ Siti is Mrs. Hasanah’s daughter.
7. Beni
is Mr. Didi’ son/ Beni is Mrs. Hasanah’ son.
8. Beni
is Siti’s brother
9. Siti
is Beni’ sister
Vocabulary:
1. Father : Ayah
2. Mother :
Ibu
3. Parents : Orang tua
4. Wife : Istri
5. Husband : Suami
6. Daughter : Anak perempuan
7. Son : Anak laki-laki
8. Brother :
Saudara laki-laki
9. Sister :
Saudara perempuan
- Mr. Ridwan is Siti’s grandfather.
- Mrs. Sarah is Siti’s grandmother.
- Siti is Mr. Ridwan and Mrs. Sarah’s
granddaughter
- Beni is Mr. Ridwan and Mrs. Sarah’s
grandson.
- Siti , Beni and Indra are Mr.
Ridwan and Mrs. Sarah’s grandchildren.
- Mr. Johan is Siti’s uncle.
- Mrs. Yuli is Siti’s aunt.
- Siti is Mr. Johan’s niece/ Siti is
Mrs. Yuli’s niece.
- Beni is Mr. Johan’s nephew/ Beni is
Mrs. Yuli’s nephew.
- Mr. Ridwan is Mr.Didi’s father in law.
- Mrs. Sarah is Mr.Didi’s mother in law.
- Mr.Didi is Mr. Ridwan and Mrs.
Sarah’s son in law.
- Mr. Ridwan and Mrs. Sarah are Mr. Didi’s parent in law.
- Mrs.Yuli is Mr. Ridwan and Mrs.
Sarah’s daughter in law.
Vocabulary
Grandfather : Kakek
Grandmother : Nenek
Granddaughter : Cucu perempuan
Grandson : Cucu laki-laki
Grandchild :
Cucu (Singular/Satu)
Grandchildren : Cucu (Jamak/lebih dari satu)
Uncle : Paman
Aunt :
Bibi
Nephew : Keponakan laki-laki
Niece : Keponakan perempuan
Father
in law :
Ayah mertua
Mother
in law :
Ibu mertua
Daughter
in law : Menantu perempuan
Son
in law : Menantu
laki-laki
Parent’s
in law : Mertua
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Roundtable Technique, Diskusi.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Gambar, Video, Kertas Asturo.
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
3. Sumber Belajar :
Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa
Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Guru menampilkan video tentang family tree.
ü Siswa mendengarkan
dan mengamati vocabulary apa saja yang ada didalam video family tree.
ü Guru meminta
peserta didik untuk menuliskan vocabulary tentang family tree yang terdapat
dalam video.
ü Siswa menyebutkan
vocabulary tentang family tree secara lisan.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang anggota keluarga dalam bahasa Inggris dan bahasa
Indonesia.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
menampilkan gambar tentang family tree
ü Guru
memberikan beberapa kalimat dan mencontohkan pengucapan kalimat yang berkaitan
dengan family tree.
ü Siswa
mengikuti dan menirukan pengucapan
kalimat dengan ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan sikap yang benar.
ü Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang posisi serta status seseorang dalam
keluarga dan istilahnya dalam bahasa Inggris melalui family tree.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mencocokkan anggota keluarga dalam bahasa Inggris
dengan anggota keluarga dalam bahasa Indonesia.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui anggota keluarga
dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.
ü Secara
berpasangan guru meminta peserta didik untuk membuat kalimat sederhana
berdasarkan gambar yang telah guru sediakan.
ü Secara
kelompok guru meminta siswa untuk menuliskan kalimat berdasarkan family tree yang telah guru sediakan
(roundtable technique).
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta salah satu anggota kelompok untuk menyampaikan jawaban kelompok didepan
kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang materi
yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari di pertemuan yang akan datang.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan
dengan membuat family tree sesuai dengan
anggota keluarga masing-masing.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan monolog tentang anggota keluarga dengan
kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
anggota keluarga.
|
Menemukan informasi dengan menjawab
pertanyaan terkait dengan materi seperti:
1.
What is the meaning of father?
2.
What is the meaning of mother?
3.
What is the relation between father and mother?
etc.
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
anggota keluarga.
|
Keterampilan bertanya
berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebutkan anggota keluarga.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
anggota keluarga.
|
ü Menirukan contoh
pengucapan kalimat berdasarkan family
tree.
ü Mencocokkan
vocabulary tentang anggota keluarga dalam bahasa Inggris dan bahasa
Indonesia.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
anggota keluarga.
|
ü Menuliskan kalimat
sederhana berdasarkan gambar tentang anggota keluarga.
ü Menuliskan kalimat
yang berkaitan dengan family tree yang
telah tersedia (roundtable technique).
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
anggota keluarga.
|
ü Mempresentasikan hasil
kelompok di depan kelas.
|
Rubrik untuk penilaian
kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas
dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur
bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur
bahasa yang sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur
bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan
tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas
tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur
lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menyusun kalimat tentang
anggota keluarga.
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur
tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat
dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan
unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan
unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak
lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca
namun kurang lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan
lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian (Terlampir)
3. Observasi (Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan vocabulary
tentang anggota keluarga.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang
mendukung proses penggunaan vocabulary tentang anggota keluarga berupa:
draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian
sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1. Skor
maksimal
Aktivitas
2, skor maksimal 10
Aktivitas
4, skor maksimal 20
+
30
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai : Skor perolehan X 100 =
Skor maksimal
Speaking Rubric
Student’s name:
________
Class:
_____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
17 Oktober 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN LEMBAR
PENILAIAN
Lembar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 =
Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas
Siswa 1
(Observe the video about family
tree)
Aktivitas
Siswa 2 (Individu)
Match the words in English with the words
on the right side.
|
||||
1.
Father
2.
Mother
3.
Parents
4.
Wife
5.
Husband
6.
Daughter
7.
Son
8.
Brother
9.
Sister
10. Grandmother
Aktivitas
Siswa 3 (In pair)
Complete the following
sentences based on the family tree above.
1.
Mr. Alan is Rebecca’s ...........
2.
Mrs. Theresa is Emily’s ..........
3.
Charlotte is Mr.Alan’s ........
4.
Michael is Mrs. Theresa’s ........
5.
Freddie is Lizzie’s .........
Aktivitas
Siswa 4 (Roundtable Technique)
Make
sentences as many as possible based on the family tree below.
Homework
1. Draw your own family tree and tell the relation. You
can use your imagination to make a good job.
2. Find ten family nouns in the wordsearch.
|
foto atau gambarnya tidak bisa dibuka ya
BalasHapusGAMBARNYA GK BISA DIBUKA
BalasHapus