RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : VII/ 1 (satu)
Materi
Pokok : How Many Pets do
You Have?
Sub Materi : Count Animals
Pertemuan ke : 2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.5 :
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
KD 4.6 :
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi
benda, binatang, dan bangunan umum.
2.
Menyebutkan dan menghitung nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik.
3. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
4. Menuliskan
kalimat menggunakan nama benda, nama binatang, dan
nama bangunan umum.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat
mengidentifikasi, menyebutkan, menghitung nama-nama
binatang dan menggunakannya dalam kalimat bahasa Inggris dengan baik dan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pet Animals
Read
and remember the following animals.
Singular
|
Plural
|
Meaning
|
Cat
|
Cats
|
Kucing
|
Rabbit
|
Rabbits
|
Kelinci
|
Dog
|
Dogs
|
Anjing
|
Duck
|
Ducks
|
Bebek
|
Hamster
|
Hamsters
|
Hamster
|
Turtle
|
Turtles
|
Kura-kura
|
Snake
|
Snakes
|
Ular
|
Buffalo
|
Buffaloes
|
Kerbau
|
Goat
|
Goats
|
Kambing
|
Sheep
|
Sheeps
|
Domba
|
Pigeon
|
Pigeons
|
Merpati
|
Frog
|
Frogs
|
Katak
|
Bee
|
Bees
|
Lebah
|
Goose
|
Geese
|
Angsa
|
Fish
|
Fishes
|
Ikan
|
Parrot
|
Parrots
|
Burung
beo
|
Owl
|
Owls
|
Burung
hantu
|
Ladybug
|
Ladybugs
|
Kumbang
|
Dragonfly
|
Dragonflies
|
Capung
|
Monkey
|
Monkeys
|
Monyet
|
Cow
|
Cows
|
Sapi
|
Ant
|
Ants
|
Semut
|
Butterfly
|
Butterflies
|
Kupu-kupu
|
Porcupine
|
Porcupines
|
Landak
|
Lion
|
Lions
|
Singa
|
There
is an elephant.
There
are three tigers.
Pattern : There is + singular noun
There are + plural noun
How many pet do you
have?
I
have one cat.
I
have three cats.
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Diskusi.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Power Point
Presentation, Video.
2. Alat : Laptop, LCD, Speaker Active.
3. Sumber Belajar :
Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa
Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Guru menampilkan video yang
berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
ü Guru meminta
peserta didik untuk mengamati video dan menanyakan tentang isi
video.
ü Peserta
didik mengamati video.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta
didik menanyakan tentang perbedaan antara cara
menyebutkan dan menanyakan nama binatang dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
Mengumpulkan Informasi (15’)
ü Guru memberikan gambar tentang binatang yang ada di kebun binatang.
ü Guru meminta peserta didik menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang dalam bahasa Inggris.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan nama dan
kalimat tentang binatang yang ada digambar.
ü Peserta
didik mengikuti dan
menirukan pengucapan nama
dan kalimat tentang binatang yang ada digambar dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
ü Dengan nama-nama binatang yang telah disebutkan peserta didik, guru meminta
peserta didik untuk membuat kalimat tentang binatang yang ada digambar..
Mengasosiasi (15’)
ü Guru memberikan gambar lain tentang binatang.
ü Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan dan
menanyakan tentang nama-nama binatang yang ada di gambar.
ü Guru meminta peserta didik untuk membuat kalimat tentang
nama-nama binatang yang ada digambar.
ü Guru meminta peserta didik untuk mencocokkan gambar
binatang dengan kata dalam bahasa Inggris yang telah disediakan.
ü Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan nama
binatang dan membuat kalimat tentang binatang tersebut.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar tentang
kebun binatang dan meminta peserta didik untuk menyebutkan dan membuat kalimat
tentang binatang yang ada digambar.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil deskripsi binatang yang ada digambar.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang materi
yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari di pertemuan yang akan datang.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan monolog menyebutkan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dengan
kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik.
|
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan
terkait dengan materi seperti:
1.
What are the things in the
classroom?
2.
How many pencils do you have?
3.
What are the animals in the
zoo?
4.
How many animals in the zoo?
5.
What are the public places in
your hometown?
etc.
|
MENANYA
|
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik.
|
Keterampilan
bertanya tentang
perbedaan antara cara menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik.
|
ü
Mendengarkan dan menyaksikan
banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris.
ü
Menirukan contoh-contoh
interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda,
dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan sikap yang benar.
ü
Menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik dalam
konteks pembelajaran
|
MENGASOSIASI
|
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik.
|
ü
Membandingkan ungkapan
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
ü
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang
digunakan.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik.
|
Mempresentasikan hasil kegiatan pada aktivitas
asosiasi di depan kelas.
|
Rubrik untuk penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang
belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang
sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang
tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi
lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta
ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyebutkan dan menanyakan nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang
lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta
Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan tentang nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penggunaan nama dan jumlah binatang, benda,
dan bangunan publik berupa: draft, revisi, editing
sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1. Skor
maksimal
Aktivitas 4, skor maksimal 20
2.
Nilai maksimal = 100
3. Nilai
: Skor perolehan X 5 =
Speaking Rubric
Student’s
name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a.
Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c.
Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance
( eye contact, facial expression,
gesture)
|
||||
Total
Score
|
|||||
Maximum
Score
|
20
|
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula for scoring:
|
|
Banyumas, Oktober 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap
aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat
Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas Siswa 1
(Observe
the video)
Aktivitas Siswa 2
(Individu)
Match
the picture with the words provided!
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Aktivitas Siswa 3
Write
down the name and the number of the animal
Aktivitas Siswa 4
Please
describe the picture.
1.
There is one tiger.
2.
There are ...........
Homework
Write down name of the animals you can find at your
home.
No.
|
Animals
|
Sentences
|
1
|
Cat
|
There is a cat.
|
2
|
|
|
3
|
|
|
|
Etc
|
|
kenapa gambarnya tidak bisa dibuka ya?
BalasHapusNama Ig apa KK
HapusIya gambar g jelas tolol
BalasHapus