RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2
Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Sub
Materi : Names of
the Days and Months
Pertemuan : 2
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.3 :
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
KD
4.3 : Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3. Menyebutkan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan
tahun dalam bahasa inggris.
4. Menyusunnama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal dan tahundalam bahasa inggris.
5. Menggunakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6. Menulis
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui proses pengamatan dan
bertanya peserta didik dapat mengetahui, membaca , dan mengintonasikan nama
hari dan bulan dalam bahasa inggris dengan baik dan benar. Selain itu peserta
didik juga dapat membaca ungkapan yang diikuti bulan, sesudah dan sebelum bulan
yang sudah ditetapkan, misalnya This
month is July, next month is August.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Names
of The Days
|
Names
of The Months
Untuk
menyatakan keterangan bulan kita bisa menggunakan cara dibawah ini:
1. After
June is July.
2. Before
January is December
3. This
month is
February, next month is March.
4. This
month is
September, last month was
August.
5. May
is before June.
6. This
month is
March, two months ago was
January.
7. Today is Sunday, tomorrow
is Monday
8. Today is Saturday, yesterday
was Friday
Asking about the Month
The
following expressions are used to ask about the month and the responses.
Asking about the Month
|
Responding
|
1.What
month is it ?
|
1.
It’s September
|
2.In
what month was your brother born ?
|
2.
In March
|
3.When
will you visit your grandpa?
|
3.
Next December
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Media : Power Point
Presentation, Video
2. Alat : Laptop, LCD, dan
Speaker Active
3. Sumber
Belajar : Suara Guru, Buku Siswa
dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When
English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang hari dan bulan dalam bahasa inggris.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan nama-nama hari dan bulan yang ada di video.
ü Peserta
didik menirukan contoh pengucapan nama-nama hari dan bulan.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan cara mengintonasikan
nama-nama hari dan bulan yang sulit dalam pengucapan.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan
tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara pengucapan kalimat tentang nama-nama
bulan, misalnya: This month is February, next month is March. After June is
May.
ü Peserta
didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
Mengasosiasi
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk melengkapi nama-nama hari dalam kotak yang sudah
tersedia.
ü Guru
meminta peserta didik untuk melengkapi kalimat tentang nama-nama hari dan bulan,
misalnya: This month is February, next month is .........
ü Guru
meminta peserta didik mengisi dialog tentang hari dan bulan.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Peserta
didik mengisi dialog tentang hari dan bulan dan mempraktekannya dengan teman
sebangku di depan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan praktek dialog tentang nama hari dan bulan
di depan kelas 2 orang dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Menemukan informasi dengan
menjawab pertanyaan seperti:
1.
What is the day after Tuesday?
2.
What is the day before Monday?
3.
Today is Sunday, tomorrow is
.....
|
MENANYA
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Keterampilan
bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Menjawab
pertanyaan singkat tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam angka, tanggal dan tahun.
ü Mengisi
dialog tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka,
tanggal dan tahun.
ü Melakukan dialog
tentang nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Menalar dan membandingkan tentang
pengucapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka,
tanggal dan tahun.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua
kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa
unsur bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan
unsur bahasa yang sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan
unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan dialog
|
Membaca script, kosa kata
terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata
terbatas tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial,
struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menulis teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan
struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan
tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan
multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa
membaca namun kurang lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa
membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan
harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada rekaman dialog tentang nama hari dan bulan.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses
penulisan nama hari dan bulanr berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1. Skor
maksimal
Appendix 2, skor
maksimal 10
Appendix 3, skor
maksimal 20
+
30
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai
: Skor perolehan
X 100 =
Skor maksimal
Speaking
Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula for scoring:
|
|
Banyumas,
12 September 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina
CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul
Hotimah
NIM.
1101050069
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS
SISWA
Aktivitas
1.
Complete the following name of the days.
Aktivitas
2.
Complete the sentences with suitable days
and months.
1. After
Sunday is ...............................
2. Before
Friday is ....................
3. Wednesday
is before ..................
4. Today
is Sunday, tomorrow is .................
5. Today
is Saturday, yesterday was
....................
6.
.....................................
is before August.
7.
This month is
September. Next month is ........................
8.
After January is
........................
9.
The last month
of the year is...................................
10.
Before March
is..............................
Aktivitas
3.
Complete the dialogue with the suitable days
and months, then practice it with your partner.
A :
What is the day after Monday?
B :
_________________________
A :
If today is Friday, what was the three days ago?
B :
_________________________
A :
What is the first month of the year?
B :
_________________________
A :
What is the month after March?
B :
_________________________
A :
What is the month before September?
B :
_________________________
Tugas
Siswa (Homework)
Can you find every day and month?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar