RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok : I Love People around Me
Sub Materi : The Identity of Family
Member (Description)
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD
3.4 : Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 4.4 : Menangkap makna pemaparan
jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
KD 4.5 : Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi keluarga.
2.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan
tentang anggota keluarga dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mendeskripsikan
anggota keluarga dalam bahasa Inggris dengan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Text
1
My
Family
Hello, everyone.
My name is Dewi. I would like to tell you about my family. There are five
people in my family, they are my father, my mother, my brother, my sister and I.
We live in Purwokerto.
My father’s name
is Mr. Rahadian Aditya. He is forty-three years old. He works in a company as a
manager. He likes playing badminton.
My mother’s name
is Mrs. Rianti Aditya. She is thirty-five years old. She teaches English at SMP
2. She likes cooking and gardening. She always cooks on Sunday and during
holidays.
Then, my
brother’s name is Edwin Aditya. He is thirteen years old. He studies at SMP 2,
grade 8. He likes playing football. He plays football with his friends three
times a week, on Sunday, Thursday and Saturday.
My sister’s name
is Putri Aditya. She is eight years old. She studies at Elementary School. As
my mother, Putri likes cooking and gardening. She always helps our mother when
cooking and gardening.
That’s all about
my family. I love my family very much.
Text
2
My
Mother
Good morning,
everybody. Allow me to tell you about my mother. Her name is Mrs. Rianti. I am
really close to her.
My mother is
thirty-five years old. She is a teacher at SMP 2. She goes to work by car.
My mother is beautiful.
Her height is about 160 centimeters. She has thin lips and pointed nose. There
is a mole on her cheek.
My mother likes
cooking and gardening. She always cooks on Sunday and during holidays. Every
morning my mother water the flower.
My mother is
patient, kind and helpful. Everyone loves and respects her. I am proud of her.
That’s my
mother. I will tell you about my father and brother next time. Thank you.
1. I have a sister.
2. I have two sisters.
3. Mr. Dani has three sons.
4. Mrs. Rianti has three daughters.
5. He/she has three sons.
6. Dina has four brothers.
7. Toni has four sisters.
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Diskusi.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Gambar.
2.
Alat :
Laptop, LCD.
3. Sumber Belajar :
Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa
Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Guru menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
ü Guru meminta
peserta didik untuk mengamati gambar dan mengidentifikasi apa maksud dari
gambar tersebut.
ü Peserta
didik mengamati gambar.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang anggota
keluarga dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
memberikan teks deskripsi tentang keluarga.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan kalimat yang ada didalam teks.
ü Peserta
didik mengikuti dan
menirukan pengucapan kalimat dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
Mengasosiasi (15’)
ü Guru
memberikan teks yang berbeda tentang deskripsi Ibu.
ü Guru
meminta peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
ü Secara
individu guru meminta peserta didik untuk membuat kalimat sederhana tentang
keluarga.
ü Guru
meminta peserta didik menulis teks deskripsi tentang Ayah/Ibu mereka.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempresentasikan teks deskripsi mereka di depan
kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang materi
yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari di pertemuan yang akan datang.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan monolog tentang deskripsi anggota keluarga dengan
kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan
anggota keluarga.
|
Menemukan informasi dengan
menjawab pertanyaan terkait dengan materi seperti:
1.
Do you have family?
2.
How many people in your family?
etc.
|
MENANYA
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk
mendeskripsikan anggota keluarga.
|
Keterampilan
bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan
anggota keluarga.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk
mendeskripsikan anggota keluarga.
|
ü Menirukan
contoh pengucapan kalimat deskripsi keluarga.
ü Menjawab
pertanyaan berdasarkn deskripsi keluarga.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk
mendeskripsikan anggota keluarga.
|
ü Menuliskan
kalimat sederhana tentang deskripsi keluarga.
ü Menjawab
pertanyaan tentang deskripsi keluarga.
ü Menulis
teks deskripsi keluarga.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk
mendeskripsikan anggota keluarga.
|
ü Mempresentasikan
hasil kegiatan pada aktivitas asosiasi di depan kelas.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua
kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa
unsur bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan
unsur bahasa yang sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan
unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog
|
Membaca script, kosa kata
terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata
terbatas tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial,
struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menyusun paragraf
tentang keluarga.
|
Penggunaan kata, kalimat, dan
struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan
tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan
multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca
namun kurang lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa
membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian (Terlampir)
3. Observasi (Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan vocabulary tentang
anggota keluarga.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penggunaan vocabulary tentang anggota keluarga berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman
penilaian :
1.
Skor maksimal
Aktivitas 2, skor maksimal 5
Aktivitas
3, skor maksimal 20
+
25
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai
: Skor perolehan X 4 =
Speaking
Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
20 Oktober 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas
Siswa 1 (Individu)
Please make sentences based on the picture below.
Example:
I-sisters
Answer:
I have two sisters.
Endro-brother Fadil-uncles
....................... ....................
Mr. Dani-sons Mrs. Dewi-daughters.
...................... ................................
Aktivitas
Siswa 2 (In pair)
My
Family
Hello,
everyone. My name is Dewi. I would like to tell you about my family. There are
five people in my family, they are my father, my mother, my brother, my sister
and I. We live in Purwokerto.
My
father’s name is Mr. Rahadian Aditya. He is forty-three years old. He works in
a company as a manager. He likes playing badminton.
My
mother’s name is Mrs. Rianti Aditya. She is thirty-five years old. She teaches
English at SMP 2. She likes cooking and gardening. She always cooks on Sunday
and during holidays.
Then,
my brother’s name is Edwin Aditya. He is thirteen years old. He studies at SMP
2, grade 8. He likes playing football. He plays football with his friends three
times a week, on Sunday, Thursday and Saturday.
My
sister’s name is Putri Aditya. She is eight years old. She studies at
Elementary School. As my mother, Putri likes cooking and gardening. She always
helps our mother when cooking and gardening.
That’s
all about my family. I love my family very much.
Answer
the questions below.
1.
How many people are in Dewi’s family?
2.
How old is Mr. Rahadian Aditya?
3.
What is Mr. Rahadian Aditya’s hobby?
4.
When does Mrs. Rianti Aditya cook?
5.
Where does Edwin Aditya study?
Aktivitas
Siswa 3
Please tell your friends about your father or
mother.
Homework
Tell one of your family in
“My Family Photo”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar