RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok : I Love People around Me
Sub Materi : My Personal Identity
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah
abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD
3.4 : Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 4.4 : Menangkap makna pemaparan
jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
KD 4.5 : Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan
dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
3.
Mengungkapakan teks memperkenalkan diri secara lisan
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan
informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dari
teks pemaparan jati diri, merespon
makna teks pemaparan jati diri lisan dan tulis, dan menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang pemaparan jati diri.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Contoh teks
pemaparan diri :
Teks 1
Teks 2
Hi every
body ! Let me introduce my self !
My name is
Joni Susanto, but everyone may call me Susanto. I am fifteen years old. I am a
student. I go to SMK I Bandar Lampung and I am in the
first class. I choose automotive major here. I live on A Yani street
number 10 Bandar Lampung. Every morning I go to school on foot because my house
is not far from my school. I sometimes go to school with my friend, Tina. I
come from big family. I have two brothers and three sisters and my father is a
civil servant. I usually watch football game on tv, because I like
football. That’s all about me. Thank you.
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Video.
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
3. Sumber Belajar :
Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa
Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Guru menunjukkan
film/gambar slide yang menunjukkan orang yang sedang mengenalkan (introduction) diri sendiri/pada orang lain
ü Siswa melihat, mendengar dan
menyaksikan guru memaparkan
dan menanyakan jati diri dalam bahasa Inggris secara benar sesuai kenyataan, untuk dapat dikenal siswa secara
lebih dekat.
ü Guru
mengulanginya berkali-kali, dan secara
interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas, kalimat demi kalimat,
isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam memaparkan dan
menanyakan jati diri.
ü Siswa menirukan guru mengatakan setiap kalimat.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang perbedaan antara ungkapan memaparkan dan
menanyakan jati diri dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Siswa
mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi memaparkan dan menanyakan jati diri dalam bahasa Inggris.
ü Siswa
mengikuti dan menirukan
contoh-contoh interaksi memaparkan dan menanyakan jati diri dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memaparkan dan menanyakan jatidiri.
ü Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk
memaparkan jati diri dalam konteks pembelajaran.
ü
Guru meminta peserta didik untuk
menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan perkenalan jati diri.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara
membaca dan mengucapkan sapaan dengan baik dan benar.
ü Memberi siswa sebuah teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentang pemaparan
jati diri
ü Guru meminta siswa untuk membandingkan perbedaan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan
jati diri dan konteks yang
digunakan pada teks tersebut dengan teks yang sebelumnya.
ü Guru meminta
siswa untuk menulis teks perkenalan jati diri sesuai dengan identitas mereka.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempraktekkan mengungkapkan jati diri didepan
kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan monolog menggunakan ungkapan perkenalan jati
diri dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks
dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan
ungkapan perkenalan jati diri.
|
Menemukan informasi dengan menjawab
pertanyaan terkait dengan materi seperti:
1.
What is your name?
2.
How do you spell your name?
3.
Who is she?
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan
ungkapan perkenalan jati diri.
|
Keterampilan bertanya
berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan perkenalan
jati diri.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan
ungkapan perkenalan jati diri.
|
ü Menirukan contoh
pengucapan ungkapan perkenalan jati diri.
ü Menjawab pertanyaan tentang
ungkapan
perkenalan jati diri.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan
ungkapan perkenalan jati diri.
|
ü Menuliskan teks perkenalan
jati diri.
ü Melakukan dialog
tentang ungkapan perkenalan jati diri.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan
ungkapan perkenalan jati diri.
|
ü Mempraktekkan dialog
tentang perkenalan jati diri.
|
Rubrik untuk penilaian
kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas
dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur
bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur
bahasa yang sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur
bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan
tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas
tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur
lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menyusun teks lisan dan
tulis.
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur
tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat
dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan
unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak
lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca
namun kurang lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan
lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan tentang ungkapan perkenalan jati
diri.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penulisan ungkapan perkenalan jati diri. berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1. Skor
maksimal
Aktivitas
3, skor maksimal 10
Aktivitas
4, skor maksimal 20
+
30
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai : Skor perolehan X 100 =
Skor maksimal
Speaking Rubric
Student’s name:
________
Class:
_____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
10 Oktober 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 =
Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas Siswa 1
(Observe the video)
Aktivitas
Siswa 2
Answer
the questions based on the text !
Complete
the blank based on the text!
Aktivitas
Siswa 3
Hi every
body ! Let me introduce my self !
My name is
Joni Susanto, but everyone may call me Susanto. I am fifteen years old. I am a
student. I go to SMA Melati Bandar Lampung and I am in
the first class. I live on A Yani street number 10 Bandar Lampung. Every
morning I go to school on foot because my house is not far from my school. I
sometimes go to school with my friend, Tina. I come from big family. I have two
brothers and three sisters and my father is a civil servant. I usually watch
football game on tv, because I like football.
That’s all
about me. Thank you.
Answer the questions
below.
1.
How old is Joni Susanto?
He is fifteen years old.
2. Where was Joni
Susanto born?
3. Where does Joni
Susanto study ?
4. Where does Joni
Susanto live?
5. How does Joni
Susanto usully go to school?
6. With whom does Joni
Susanto go to school?
7. How many brothers
does he have?
8. How many sisters
does he have?
9. What does his father
do?
10. What is his hobby?
Aktivitas
Siswa 4
Write your identity in
the bubble below.
Homework
Make an identity card based
on your reality!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar