RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s Me
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s Me
Sub Materi :
Introducing others
Pertemuan :
2
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD.
3.2 : Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
KD.4.2 : Menyusun teks lisan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri dengan sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosia, struktur teks, dan unsur
kebahasan yang benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi contoh perkenalan diri.
2. Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks perkenalan diri.
3.
Membuat contoh dialog perkenalan diri
berdasarkan kartu situasi.
4.
Mempersentasikan hasil diskusi.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan
menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri siswa dapat
mengidentifikasi situasi dan berdiskusi dengan kelompok untuk di praktekkan di
depan kelas.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
INTRODUCING ONE TO
OTHERS
Contoh 1.
Ganish : Good afternoon, Erlin.
Erlin : Good afternoon. Ganish,
please meet my brother, Edwin. Edwin, this is Ganish, my classmate.
Ganish : Hello, Edwin.
Edwin : Hello, Ganish.
Contoh 2.
Rani : Hello, Windi.
Windi : Hello, Rani. I would
like to introduce my friend, he is Toni. Toni, this
is my friend, Rani.
Toni : Hi, Rani. Nice to
meet you.
Rani : Hi, Nice to meet
you too.
Introducing
one to others
|
Responding
|
1. Please
meet my brother, Edo.
2. I
would like to introduce my friend, she is Ninda.
3. Let
me introduce you to my mother.
4. Noval,
this is Rena. Rena, this is Noval.
5. Allow
me to introduce my sister.
6. This
is my brother. His name is Satrio.
7. Nice
to meet you.
8. Pleased
to meet you.
|
1.
Hi, Edo. I am Elsa.
Pleased to meet you.
2.
Hi, Ninda. I am
Windu. Nice to meet you.
3.
Good morning, Mom. My
name is Helen.
4.
Hello, Rena. / Hello,
Noval.
5.
How do you do?
6.
Hello, Satrio. Nice
to meet you.
7.
Nice to meet you,
too.
8.
Pleased to meet you,
too.
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Video
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris
Kelas VII When English Rings a Bell. Buku
Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b. Kegiatan Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Guru
bertanya kepada siswa, pernahkah mereka memperkenalkan diri mereka ke ke orang
lain.
ü Peserta
didik menganalisis tanya jawab perkenalan diri antara guru dan siswa.
ü Peserta
didik dapat menemukan kosakata baru dalam percakapan tersebut.
ü Guru
memberikan video tentang perkenalan diri kepada orang lain.
ü Guru
mencontohkan cara membaca perkenalan diri yang ada di video.
ü Peserta
didik memperhatikan ujaran dan intonasi guru dalam membaca.
ü Guru
secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas dan meminta siswa
untuk menirukan.
Menanya
(5’)
ü
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
bertanya tentang kosakata baru yang di temukan siswa dalam contoh.
ü
Peserta didik menayakan bagaimana cara
pengucapan yang baik dan benar mengenai beberapa kata atau ungkapan yang masih
sulit.
ü
Guru memberikan klarifikasi / jawaban berkaitan dengan pertanyaan yang
ditanyakan oleh peserta didik.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
memberikan contoh lain tentang perkenalan diri sendiri.
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara
memperkenalkan diri sendiri kepada orang lain dengan baik dan benar.
Mengasosiasi
(15’)
ü
Secara kelompok peserta didik menjawab
pertanyaan berdasarkan contoh perkenalan diri yang disediakan guru.
ü Secara
individu peserta didik membuat contoh perkenalan diri sesuai data diri mereka.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Secara
acak guru meminta peserta didik untuk melakukan monolog tentang perkenalan diri
yang sudah mereka buat.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
persentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan praktek dialog tentang perkenalan diri ke orang
lain di depan kelas 4 orang dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial perkenalan diri,
serta responnya.
|
Menemukan informasi dengan
menjawab pertanyaan seperti:
1.
Who is the girl?
2.
What is her nick name?
3.
How old is she?
4.
Where does she study?
5.
Where does she live?
etc.
|
MENANYA
|
Fungsi sosial perkenalan diri,
serta responnya.
|
Keterampilan
bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial perkenalan diri, serta
responnya (ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.)
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial perkenalan diri,
serta responnya.
|
ü Menirukan
contoh perkenalan diri ke orang lain.
ü Menjawab
pertanyaan singkat perkenalan diri.
ü Menjawab
pertanyaan berdasarkan dialog.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial perkenalan diri,
serta responnya.
|
ü Menalar
dan membandingkan contoh perkenalan diri.
ü Menulis
contoh perkenalan diri.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial perkenalan diri,
serta responnya.
|
ü Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial perkenalan diri serta responnya.
ü Mendemonstrasikan
ketrampilan memperkenalkan ke orang lain.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua
kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa
unsur bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan
unsur bahasa yang sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan
unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog dan dialog
|
Membaca script, kosa kata
terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata
terbatas tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial,
struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menulis teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan
struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan
tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan
multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa
membaca namun kurang lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa
membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan
belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada rekaman dialog teks perkenalan
diri ke orang lain.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik
yang mendukung proses penulisan teks perkenalan diri berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan
penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman
penilaian :
1. Skor
maksimal
Appendix 1, skor maksimal 5
Appendix 2, skor maksimal 20
+
25
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai
: Skor perolehan
X
100 =
Skor maksimal
Speaking
Rubric
Student’s name: ________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
05 September 2014
|
Guru
Pamong,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina C.S, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
NIM.
1101050069
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas
1.
Erlin : Do you know the dancer ?
Dodit : She is Vinna, my neighbor. She studies at SMP 17. She likes dancing, especially pendet very much. Besides that, she likes eating vegetable and fruit salad. Vinna also likes mango juice.
Erlin : She is very graceful.
Erlin : Do you know the dancer ?
Dodit : She is Vinna, my neighbor. She studies at SMP 17. She likes dancing, especially pendet very much. Besides that, she likes eating vegetable and fruit salad. Vinna also likes mango juice.
Erlin : She is very graceful.
Based on the dialog,
complete the texts below.
Vina is Dodit’s
(1)................ She is a student at (2)........ She likes (3) ......... Her
favorite food are (4)........ Her favorite drink is (5) ...........Thank you.
Aktivitas
2.
Tugas
siswa (Homework)
Write
about two members of your family, using the outlines below.
Text
1.
Hello, my brother/my
sister is . He /She is a student at .He/She likes . His/Her favorite color is and
his/her favorite food is .
Thank you.
Text
2
Hello, my father/my
mother is . He/She works at . He/She likes . His/Her favorite color is and his/her favorite food is . Thank you.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar