RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2
Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s Me
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s Me
Sub
Materi :
Introducing oneself
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD.
3.2 : Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
KD.4.2 : Menyusun teks lisan sederhana untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon perkenalan diri dengan sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosia, struktur teks, dan unsur kebahasan yang
benar dan sesuai konteks.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan
menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri siswa dapat menuliskan
contoh perkenalan diri sendiri berdasarkan data diri mereka untuk di praktekkan
di depan kelas (melakukan monolog).
D.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi contoh perkenalan diri.
2. Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks perkenalan diri.
3. Menjawab
pertanyaan tentang teks perkenalan diri.
4. Membuat
contoh perkenalan diri.
5. Mempersentasikan
contoh perkenalan diri..
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
INTRODUCING
ONESELF
Contoh
1:
Contoh 2:
Good morning my friends, let me introduce
myself. My full name is Erlina Saputri. You can call me Erlina. E-R-L-I-N-A.
I’m thirteen years old. I’m a student at SMP 2. I live in Jakarta. I go to
school by bicycle. My hobbies are dancing and singing. My favorite color is
red. My favorite food is meatball and my favorite drink is orange juice.
Pleased to meet you.
Contoh 3:
Teacher : What’s your name?
Fachri : My name is Fachri
Teacher : How do you spell it?
Fachri : F-A-C-H-R-I
Introducing oneself
|
Responding
|
Hello, I’m Erlin. What’s your name?
Hi. I’m Priska. May I know your name, please?
Hallo. Please allow me to introduce myself. My name’s Ihsan
Hartono. You can call me Ihsan.
|
Hi, Erlin. I’m Ganish.
Hi, Priska. My name’s Riana.
Hello, Ihsan. I’m Yusan Prabowo.
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation.
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris
Kelas VII When English Rings a Bell. Buku
Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b. Kegiatan Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Guru
bertanya kepada siswa, pernahkah mereka memperkenalkan diri mereka ke ke orang
lain.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mencontohkan cara mereka memperkenalkan diri mereka
ke orang lain.
ü Peserta
didik menganalisis tanya jawab perkenalan diri antara guru dan siswa.
ü Peserta
didik dapat menemukan kosakata baru dalam percakapan tersebut.
ü Guru
memberikan contoh tentang perkenalan diri sendiri.
ü Guru
mencontohkan cara membaca perkenalan diri yang ada di contoh.
ü Peserta
didik memperhatikan ujaran dan intonasi guru dalam membaca.
ü Guru
secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas dan meminta siswa
untuk menirukan.
Menanya (5’)
ü
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
bertanya tentang kosakata baru yang di temukan siswa dalam contoh.
ü
Peserta didik menayakan bagaimana cara
pengucapan yang baik dan benar mengenai beberapa kata atau ungkapan yang masih
sulit.
ü
Guru memberikan klarifikasi/jawaban
berkaitan dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta didik.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
memberikan contoh lain tentang perkenalan diri sendiri.
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara
memperkenalkan diri sendiri kepada orang lain dengan baik dan benar.
Mengasosiasi
(15’)
ü
Secara kelompok peserta didik menjawab
pertanyaan berdasarkan contoh perkenalan diri yang disediakan guru.
ü Secara
individu peserta didik membuat contoh perkenalan diri sesuai data diri mereka.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Secara
acak guru meminta peserta didik untuk melakukan monolog tentang perkenalan diri
yang sudah mereka buat.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
persentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan praktek monolog tentang perkenalan diri ke
orang lain di depan kelas dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
|
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan
seperti:
1. What is your
name?
2. Where do you live?
3. Where are you
from?
4. How old are
you?
5. How do you go
to school?
etc.
|
MENANYA
|
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
|
Keterampilan bertanya berbagai
informasi tentang fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya (ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan.)
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
|
ü Menjawab pertanyaan singkat
perkenalan diri.
ü Membaca cara pengucapan perkenalan
diri.
ü
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
|
Menalar dan membandingkan contoh perkenalan diri.
Menulis contoh perkenalan diri.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial perkenalan diri, serta responnya.
|
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan
data tentang fungsi sosial perkenalan diri serta responnya.
ü Mendemonstrasikan ketrampilan
memperkenalkan diri sendiri dan perkenalan ke orang lain/melakukan monolog perkenalan
diri.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang
belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang
sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang
tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi
lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta
ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menulis teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang
lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan
harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada rekaman monolog teks perkenalan diri.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penulisan teks perkenalan diri berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1.
Skor
maksimal
Appendix 1, skor
maksimal 10
Appendix 2, skor
maksimal 20
+
30
2.
Nilai
maksimal = 100
3.
Nilai
: Skor perolehan
X
100 =
Skor
maksimal
Speaking
Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
September 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina
CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul
Hotimah
NIM.
1101050069
|
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas
Siswa 1
Good
morning my friends, let me introduce myself. My full name is Erlina Saputri.
You can call me Erlin. E-R-L-I-N-A. I’m thirteen years old. I’m a student at
SMP 2. I live in Jakarta. I go to school by bicycle. My hobbies are dancing and
singing. My favorite color is red. My favorite food is meatball and my favorite
drink is orange juice. Pleased to meet you.
Answer
the questions below!
1.
Who is she?
She is Erlina Saputri.
2.
What is her nick
name?
3.
How old is she?
4.
Where does she
study?
5.
Where does she
live?
6.
How does she go
to school?
7.
What are her
hobbies?
8.
What is her
favorite color?
9.
What is her
favorite food?
10.
What is her
favorite drink?
Aktivitas
Siswa 2
Introduce yourself
Use the clues below.
Hello, my full name is ...................... You
can call me .............. I am ................... years old. I am a student
at ............. I am from ......... I live in ............. I go to school by
............... My hobbies are ............. My favorite food is ............
and my favorite drink is ............ Nice to meet you.
terima kasih atas ilmunya, kakak. Semangat teruus berkaryaa yaa
BalasHapusThanks for the material sist. It helps me to applicate in the class
BalasHapus