RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok : How Are You?
Sub Materi : Greet, Thank, Take Leave and Apologize
Alokasi Waktu : 12 x 40 Menit (6 Pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD.1 : Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
KD.2.3 : Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
KD. 3.1 : Memahami fungsi sosial, structur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan
permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya.
KD.4.1 : Menyusun teks lisan sederhana untuk
mengucapkan dan merespon sapaan, amitan, ucapan terima kasih, dan permintaan
maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan merespon
sapaan,
pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.
2. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa Inggris.
3. Menulis dialog menggunakan ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.
4. Menggunakan
ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan
maaf dalam
kehidupan sehari-hari.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Melalui proses pengamatan dan bertanya peserta didik dapat
mengetahui, mengucapkan dan merespon sapaan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Pertemuan
2
Melalui proses pengamatan dan bertanya peserta didik dapat
mengetahui, mengucapkan dan merespon ungkapan perasaan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Pertemuan
3
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi
peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan
merespon ucapan terima kasih dengan
memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
Pertemuan
4
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi
peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan
merespon pamitan dengan
memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
Pertemuan
5
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi
peserta didik dapat mengetahui, mengucapkan dan
merespon permintaan maaf dengan
memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
Pertemuan
6
Melalui proses pengamatan dan pengetahuan yang sudah
diajarkan pada pertemuan ini peserta didik dapat menguasai materi aspek
pengetahuan (Ulangan Harian).
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Greeting
(Ungkapan Salam/sapaan)
Contoh:
Father :
Good morning, Dear!
Cintya :
Good morning, Dad!
Father :
How are you today?
Cintya :
I am fine, thank you.
a.
Formal Greeting
Expression
|
Responding
|
Good morning
|
Good morning
|
Good day/noon
|
Good day/noon
|
Good afternoon
|
Good afternoon
|
Good evening
|
Good evening
|
b. Informal
Greeting
Expressions
|
Responding
|
Hi
|
Hi
|
Hello
|
Hello
|
How are you?
|
I’m fine
|
How is life?
|
Not bad, thanks
|
How do you do?
|
How do you do?
|
How is everything with you?
|
Pretty well. Thanks
|
How are you doing
|
I am very well thanks
|
Pertemuan
2
Feeling
Contoh:
Erlin : Hello, Ganish.
Ganish : Hello, Erlin.
Erlin : How are you today?
Ganish : I’m fine thanks. How about you?
Erlin : I’m not feeling well.
Ganish : What is the problem?
Erlin : I have toothache.
Ganish : Sorry to hear that. Get well soon,
Erlin.
Erlin : Thank you, Ganish.
The
kinds of expression of sickness
Sickness
|
Meaning
|
Headhache
|
sakit kepala
|
Stomachache
|
sakit perut
|
Toothache
|
sakit gigi
|
Backache
|
sakit punggung
|
Flu
|
flu
|
Cold
|
masuk angin
|
Cough
|
batuk
|
Fever
|
demam
|
sore throat
|
sakit tenggorokan
|
sore eye(s)
|
sakit mata
|
Pertemuan
3
Thank
Contoh:
Nina : hi, Ratna. How are you?
Ratna : hi nina. I’m fine, and you ?
Nina : I’m fine too. Ratna, thanks for your
help yesterday.
Ratna : you are welcome.
Ratna : you are welcome.
Expressions
|
Responding
|
Thank
you
|
You
are welcome.
|
Thanks.
|
Yes
thanks.
|
Thank
you very much.
|
No, problem
|
Thanks
a lot.
|
Don’t
mention it.
|
Thank
for your help.
|
|
Pertemuan 4
Take leave
Contoh:
Ganish :
Sorry, I think I have to go home now.
Erlin : All right. I’ll see you tomorrow.
Ganish :
See you.
Expressions
|
Responding
|
Good bye
|
Bye
|
Bye
– bye
|
Bye
|
See you later
|
See you
|
Sorry, I have to go now
|
Take
care.
|
See you tommorow
|
See you. Take care
|
See you next week
|
Keep in touch
|
I'll talk to you later
|
Sure.
See you later.
|
Pertemuan 5
Apologize
Contoh:
Edo : I’m sorry, Sir. I am late
Teacher : That’s all right. Go to your seat.
Teacher : That’s all right. Go to your seat.
Expressions
|
Responding
|
Sorry, I
could not come to your house.
|
It's all
right.
|
I'm very
sorry for my mistake.
|
Never mind
|
I
apologize for my mistake.
|
No
Problem.
|
Sony
really must apologize for his mistake.
|
Forget it.
|
I am
really sorry about that.
|
No worry.
|
Forgive me
for my mistake.
|
Take it
easy.
|
I
am very sorry.
|
That’s
OK.
|
I
apologise for...
|
Please
don’t be sorry.
|
Please
accept my apology.
|
It
doesn’t matter.
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Video, Gambar, Kartu Situasi.
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
3. Sumber Belajar :
Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa
Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü
Guru menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü
Guru bertanya tentang materi sebelumnya
dan mereview.
ü
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan
untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang
akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü
Guru mengaitkan materi
pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang greeting.
ü Guru
bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya (5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti berbagai ekspresi
greeting dalam bahasa Indonesia.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan
tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara pengucapan greeting.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan guru secara bersama-sama dan
secara individu.
ü Secara
individu guru meminta peserta didik untuk mengisi missing letters tentang
greeting.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mengucapkan jawaban tersebut.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara
membaca dan mengucapkan sapaan dengan baik dan benar.
ü Secara
individu guru meminta peserta didik untuk menyebutkan jenis sapaan berdasarkan gambar
yang telah tersedia.
ü Secara
berpasangan guru meminta peserta didik untuk membuat dialog menggunakan sapaan
berdasarkan situasi yang telah disediakan.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempraktekkan dialog didepan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü
Guru memberikan pekerjaan rumah yang
berkaitan dengan materi yang telah
ü
Guru mengucapkan salam dan
menutup pertemuan.
Pertemuan 2
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü
Guru bertanya tentang materi sebelumnya
dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati gambar tentang ungkapan perasaan.
ü Guru
bertanya tentang pendapat siswa mengenai gambar.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti ungkapan perasaan
dalam bahasa Indonesia.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan perasaan dalam dialog.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru
meminta peserta didik untuk membaca dialog tentang ungkapan perasaan.
ü Peserta
didik menemukan kosakata baru yang ada pada dialog.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara
membaca dan mengungkapkan ucapan perasaan dengan baik dan benar.
ü Guru
meminta peserta didik untuk bertanya kepada teman-teman yang lain tentang yang
mereka rasakan. Misalnya dalam keadaan baik-baik saja, merasakan sakit dan
lain-lain.
ü Peserta
didik diminta untuk membuat dialog tentang ungkapan perasaan dengan teman
sebangku.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Peserta
didik mempraktekkan dialog didepan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
d.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü
Guru mengucapkan salam dan
menutup pertemuan.
Pertemuan 3
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü
Guru mengucapkan salam kepada peserta
didik.
ü
Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti
proses pembelajaran seperti berdoa, absensi dan buku pelajaran.
ü
Guru bertanya tentang materi sebelumnya
dan mereview.
ü
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan
untuk membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan materi yang
akan dipelajari.
ü
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü
Guru mengaitkan materi
pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi sebelumnya.
e.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang ucapan terima kasih.
ü Guru
bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan cara pengucapan ungkapan
terima kasih.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan
tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan terima kasih dalam
dialog.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mengisi dialog tentang ungkapan terima kasih.
ü Peserta
didik mempraktekkan dialog dengan teman sebangku.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menuliskan ungkapan terima kasih berdasarkan gambar
yang telah tersedia.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara
membaca dan menggunakan ungkapan terima kasih dengan baik dan benar.
ü Secara
kelompok guru meminta peserta didik untuk membuat dialog tentang ungkapan
terimakasih berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh guru.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempresentasikan dialog tentang ungkapan
terimakasih didepan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü
Guru mengucapkan salam dan
menutup pertemuan.
Pertemuan 4
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang ungkapan pamitan.
ü Guru
bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti ungkapan pamitan
dalam bahasa Indonesia.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan
tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan pamitan dalam dialog.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mengisi dialog tentang ungkapan pamitan.
ü Peserta
didik mempraktekkan dialog dengan teman sebangku.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara
membaca dan menggunakan ungkapan pamitan dengan baik dan benar.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menuliskan daftar nama dengan siapa saja peserta
didik menggunakan ungkapan pamitan.
ü Guru
meminta peserta didik untuk membuat dialog tentang ungkapan pamitan berdasarkan
situasi yang diberikan oleh guru.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempraktekkan dialog tentang ungkapan pamitan didepan
kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü
Guru mengucapkan salam dan
menutup pertemuan.
Pertemuan 5
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang ungkapan permintaan maaf.
ü Guru
bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan arti ungkapan
permintaan maaf dalam bahasa Indonesia.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan
tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara membaca ungkapan permintaan maaf dalam
dialog.
ü Guru
meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan yang dicontohkan oleh guru.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mengisi dialog tentang ungkapan permintaan maaf.
ü Peserta
didik mempraktekkan dialog dengan teman sebangku.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik kemudian mengetahui cara
membaca dan menggunakan ungkapan permintaan maaf dengan baik dan benar.
ü Secara
kelompok guru meminta peserta didik untuk membuat dialog tentang ungkapan
permintaan maaf berdasarkan situasi yang telah disediakan oleh guru.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempraktekkan dialog tentang permintaan maaf
didepan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
persentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
ü
Guru mengucapkan salam dan
menutup pertemuan.
Pertemuan 6
Peserta
didik menguasai materi aspek pengetahuan (Ulangan Harian).
I.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan dialog menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan
perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf dengan kriteria ketepatan
dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan,
ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan terkait
dengan materi seperti:
1. What will you say when you meet your
teacher in the morning?
2. Have you ever feel headache?
3. What will you say if you get new shoes
from your father?
4. What will you say if you broke your
friend’s ruler?
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan, ungkapan
perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
Keterampilan bertanya berbagai informasi
tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan
ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan
maaf.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan,
ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
ü Menirukan contoh pengucapan ungkapan sapaan, ungkapan
perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
ü Menjawab pertanyaan singkat tentang ungkapan sapaan, ungkapan
perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
ü Melengkapi dialog tentang ungkapan sapaan, ungkapan
perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan,
ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
Melakukan dialog tentang ungkapan sapaan, ungkapan
perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menggunakan ungkapan sapaan,
ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
ü Mempraktekkan dialog tentang ungkapan sapaan, ungkapan
perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
Rubrik untuk penilaian
kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang
belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang
sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang
tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan dialog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi
lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta
ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menyusun teks lisan dan tulis.
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang
lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan tentang ungkapan sapaan, ungkapan perasaan, terima
kasih, pamitan dan permintaan maaf.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penulisan ungkapan
sapaan, ungkapan perasaan, terima kasih, pamitan dan permintaan maaf berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
Pertemuan 1
1.
Skor
maksimal
Aktivitas 2, skor maksimal 4
Aktivitas 3, skor maksimal 6
10
2.
Nilai
maksimal = 100
3.
Nilai
: Skor perolehan
Skor
maksimal
Speaking Rubric
Student’s name:
________
Class:
_____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and
intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and
content
|
|||||
3.
|
Performance ( eye contact, facial expression,
gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not competent
2 = Competent enough
3 = Competent
4 = Very competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
Oktober 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN LEMBAR
PENILAIAN
Lembar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 =
Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Pertemuan
1
Aktivitas
Siswa 1
(Observe the video)
Aktivitas
Siswa 2
Aktivitas
Siswa 3
What kind of greetings should you say?
Aktivitas Siswa 4
Make a dialogue based on this
situations.
1. You
are going to school. You bid farewell to your parents.
2. You
meet your friend, from another class, in the canteen at the first break.
3. You
meet your teacher in a supermarket. It is 4 p.m.
4. You
visit your grandmother at her house on Sunday morning. You ask about her
condition.
5. You
are going to bed. You bid farewell to your brother.
Pertemuan 2
Aktivitas Siswa 1
Please ask your classmates about
their feelings and write them down here. Use the model expression above.
Aktivitas Siswa 2
Please make you own dialoge
using the expression above and practice it in front of the class.
Pertemuan 3
Aktivitas Siswa 1
(Observe
the video)
Aktivitas Siswa 2
Dialog 1
Denias : Erlin, wait!
Erlin : What’s up?
Denias : Here is you pencil. Thank you for
lending me.
Erlin : ......................
Dialog 2
Farah : Dini, could you do me a favor,
please?
Dini : Sure. What is it?
Farah : could you pass my absence
letter to Miss Anita?
Dini : No problem.
Farah : Thank you.
Dini : .....................
Aktivitas Siswa 3
Contoh:
Carry
– a heavy box
Father : Could you help me carry this
heavy box?
Andri : Sure, Papa.
Father : Thank you.
Andri : You are welcome.
1. Get
– a bottle of water
2. Clean
– the board
3. Sweep
– the backyard
4. Wash
– the dirty shoes
Aktivitas Siswa 4
Please write down some
expressions for the picture below.
Tugas Siswa (Homework)
Please write the names
of people to whom you said thank you and where you said it.
Pertemuan 4
Aktivitas Siswa 1
(Observe
the video)
Aktivitas Siswa 2
Please write the names
of people to whom you said goodbye and where you said it.
Aktivitas Siswa 3
Complete the following
dialogue.
Dialog 1
Riri : Sorry, I have to go home now.
Andri : All right. I’ll see you tomorrow.
Riri : ...............
Dialog 2
Putra :
I’m going to school now, Mom.
Mrs.
Heri : All right. Take care, dear.
Putra : Sure. Bye, Mom.
Mrs.
Heri : .................
Pertemuan 5
Aktivitas Siswa 1
(Observe
the video)
Aktivitas Siswa 2
Dialog 1
Nunik : ....................
Tatan : Goodbye. Take care.
Dialog 2
Fatin : Let’s go home.
.....................
Ganesa :
See you.
assalamu'alaikum,a, mohon izin copy materinya,, thanks ind advance...by haris
BalasHapusmohon izin untuk mengkopy lesson panenya sebgai bahan acuan.
BalasHapus