RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas / Semester : VII / 1 (satu)
Materi Pokok : It’s My
Birthday
Sub Materi : (Ordinal Number, Birthday,
National Day)
Pertemuan ke : 6 (enam)
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.3 : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks lisan dan tulis untuk
menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun.
KD
4.3 : Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3. Menyebutkan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan
tahun dalam bahasa inggris.
4. Menyusun nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahundalam
bahasa inggris.
5. Menggunakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6. Menulis
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui proses
pengamatan dan bertanya peserta didik dapat mengetahui, membaca, dan
mengintonasikan Ordinal Number (angka
tingkatan), tanggal ulang
tahun dan hari nasional dalam bentuk
kata-kata.
Contoh Ordinal
Number : first, second,
third, fourth, fifth, etc.
Contoh
tanggal ulang tahun : 19th of January
2000
Contoh
hari nasional : 21st of
April is Kartini’s Day
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
ü
Ordinal
Number (angka tingkatan)
Ordinal number adalah
angka-angka yang digunakan untuk menyatakan tingkatan, seperti pertama (first),
kedua (second), dan ketiga(third).
Untuk menyatakan tanggal,
gunakan ordinal number (bilangan
tingkat). Gunakan akhiran th setelah
penulisan angka kecuali untuk angka 1, 2, dan 3.
Penulisan
tanggal dalam bahasa inggris bisa menggunakan cara dibawah ini:
Date-Month-Year
5
Oktober 2004 : the fifth of
October 2004 atau 5th of October 2004
21 April 1996 : the twenty first of April 1996
atau 21st of April 1996
Asking about
the Date
The following expression are used to ask about the date
and the responses.
Asking about the date
|
Responding
|
What is the date today?
|
It is 2nd of June 2012
|
When were you born? / When is your birthday?
|
It is on 5th of May 1993
|
When do we celebrate Kartini’s Day?
|
It is on 21th of April
|
ü
It’s My Birthday
Untuk menanyakan tentang
tanggal ulang tahun, gunakan pertanyaan seperti: When is your birthday? Respon untuk menjawab:
-
My birthday is in
July
-
It is on the second
of July
-
It is on July the
second
ü
National Day
We have national
and international great days. The following are several national days.
Contoh:
Untuk menanyakan
tentang hari nasional, gunakan pertanyaan seperti: When do we celebrate Kartini’s Day? Respon untuk menjawab: It is on
21th of April.
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Diskusi.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Power Point
Presentation, Video, Kertas Asturo
2.
Alat : Laptop, LCD, dan
Speaker Active
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru
Bahasa Inggris Kelas VII When English
Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang ordinal
number.
ü Guru
bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan cara membaca ordinal number.
ü Guru mengklarifikasi
pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara pengucapan ordinal number.
ü Guru meminta peserta didik untuk menirukan pengucapan guru
secara bersama-sama dan secara individu.
ü Secara individu guru meminta peserta didik untuk menjawab
pertanyaan singkat tentang ordinal number.
ü Guru bertanya kepada peserta didik tanggal ulang tahun
mereka dan cara penulisan tanggal ulang tahun menggunakan ordinal number dalam
bahasa Inggris.
ü Guru mencontohkan kepada peserta didik cara menuliskan
tanggal ulang tahun menggunakan ordinal number, misalnya 19th
of January.
ü Guru memberikan contoh penulisan tanggal yang lain dan
meminta peserta didik untuk menuliskan tanggal tersebut kedalam kata-kata.
ü Guru
menunjuk peserta didik secara acak untuk mengucapkan
tanggal ulang tahun mereka.
ü Guru meminta peserta didik untuk melengkapi dialog
tentang hari ulang tahun kemudian mempraktekkan dialog tersebut dengan teman
sebangku.
Mengasosiasi
(15’)
ü Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik
kemudian mengetahui cara membaca dan menulis tanggal menggunakan ordinal number
dengan baik dan benar.
ü Secara kelompok guru meminta
peserta didik untuk menyusun huruf menjadi ordinal number.
ü Kelompok yang tercepat dan terbanyak menyusun huruf
menjadi ordinal number mendapatkan tambahan point.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil didepan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang persentasi.
c. Penutup (5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Menuliskan angka ordinal, tanggal
ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan dan lisan dengan
kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal
ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
|
Menemukan
informasi dengan menjawab pertanyaan seperti:
1.
How do you say 11th in word?
2.
When is your birthday?
3.
When do we celebrate Kartini’s
day?
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal
ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
|
Keterampilan
bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka
ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
|
MENGUMPULKAN
DATA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal
ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
|
ü
Menirukan contoh pengucapan
ordinal number.
ü
Menuliskan tanggal ulang tahun.
ü
Melengkapi dialog tentang
tanggal ulang tahun.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal
ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
|
Dengan
kelompok menyusun huruf menjadi ordinal number.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut angka ordinal, tanggal
ulang tahun dan hari nasional dalam bentuk tulisan.
|
ü
Mempresentasikan hasil kerja
kelompok menyusun huruf menjadi ordinal number.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas
pelaksanaannya
|
Kegiatan
jelas namun tidak rinci
|
Beberapa
kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat
kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas
namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas
dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
|
Kalimat
dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan
dialog tentang tanggal ulang tahun
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
|
Lancar dan
kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting
dan menulis tanggal
|
Penggunaan
kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan
hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan
hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan
multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
|
Menggunakan
multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan
harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan
belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan tentang angka
ordinal, tanggal ulang tahun dan hari nasional.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta
didik yang mendukung proses penulisan angka ordinal, tanggal lahir dan hari
nasional berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk
dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan
latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan
penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1. Skor
maksimal
Aktivitas
2, skor maksimal 10
Aktivitas 3, skor maksimal 20
+
30
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai
: Skor perolehan
X 100
=
Skor maksimal
Speaking
Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
26 September 2014
|
Guru
Pamong,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2
= Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5
= Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Activity
1.
(Observe the video)
Activity 2 (Individu)
|
|
Choose the best
answer!
Activity 3 (In pair)
Complete the dialogue based on your
reality and practice it with your partner!
A : When is your birthday?
B : My birthday is in July.
It
is on the second of July.
It
is on July the second.
Activity 4
Homework
Answer
the questions based on the calendar given!
1.
When do we celebrate the Kartini’s Day?
(April 21st)
Answer:
We
celebrate the Kartini’s Day is in April.
It
is on the twenty-first of April.
It
is on April the twenty-first.
2.
When do we celebrate the National
Education’s Day? (May 2nd)
3.
When do we celebrate our Independence Day?
(August 17th)
4.
When do we celebrate the Youth Pledge
Day? (October 28th)
5.
When do we celebrate the Heroes’ Day?
(November 10th)
6.
When do we celebrate the Mother’s Day?
(December 22nd)
7.
When do we celebrate the National
Awakening Day? (May 20th)
8.
When do we celebrate Pancasila’s Day? (June
1st)
9.
When do we celebrate Batik’s Day?
(October 2nd)
10.
When do we
celebrate Indonesian National Armed Forces’ Day? (October 5th)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar