RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok : I Love People around Me
Sub Materi : The People (Description)
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD
3.4 : Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 4.4 : Menangkap makna pemaparan
jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
KD 4.5 : Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi
keluarga.
2.
Menyusun teks lisan dan
tulis untuk mendeskripsikan tentang anggota keluarga dengan sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mendeskripsikan
anggota keluarga dalam bahasa Inggris dengan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Text
1
1.
This is my father.
He is about forty years old. He is a doctor. He goes to Public Hospital. He
drives his car to the hospital. He works everyday except Sunday.
2.
My father is not
very tall. He is about 170 cm tall. He has thick hair and a pointed nose. He
wears glasses.
3.
My father likes
reading books and magazines. He always reads magazines after work and reads
books when he is off from work.
4.
My father is a kind
man. He always helps patients patiently and carefully. I’m very proud of him.
Text
2
My Sister
Hello, friends. I have sister. I will tell you about my sister. Her name
is Afika. I call her Afika. She is eight years old. She is a student. Afika is three grader student at SD Al-Azhar Way Halim.
Her height is about 140 centimeters and her weight is 35 kilograms. Afika has big eyes, black eyebrow, and flat
nose. Her hair is long and black. Her skin is white. She is cute and beautiful
girl.
Afika is a clever student. She always gets first rank in her class. Afika
is a diligent girl. She always studies every night.
Her hobby is acting. Someday she wants to be an actress. I’m proud to have a sister like her.
That’s all about my sister. Thank you.
Listen and practice.
1.
I have sister.
2.
Afika has big eyes,
black eyebrow, and flat nose.
3.
She is a student.
4.
Someday she wants to be an actress.
How to Describe People?
ü Talk about physical appearance
ü Talk about personality
Physical
appearance
HEIGHT
|
BUILD
|
AGE
|
tall, tallish, short,
shortish, medium height
|
frail, stocky, slim, thin,
plump, fat, skinny, well-built
|
young, elderly,
middle-aged, teenager, in 20s, 30s, 40s
|
FACE
|
HAIR
|
EYES
|
CLOTHES
|
round, oval, square, with
scares, wrinkles, freckles, sun-tanned,
|
bald, straight, curly,
spiky, wavy
|
big round blue eyes,
large, small, bright, narrow
|
casual, scruffy, shabby,
smart, tidy, messy
|
Personality/Character
1.
Confident : Percaya diri
2.
Boring : Membosankan
3.
Stubborn : Keras kepala
4.
Generous : Dermawan
5.
Humoris :
Lucu
6.
Selfish
: Egois
7.
Loyal : Setia
8.
Patient
: Sabar
9.
Shy
: Pemalu
10.
Smart : Pintar
11.
Crafty : Licik
12.
Hard-working : Pekerja keras
13.
Cheerful : Riang
14.
Cruel :
Jahat
15.
Stupid : Bodoh
Occupation:
1.
Dentist :
Dokter gigi
2.
Teacher : Guru
3.
Farmer :
Petani
4.
Doctor :
Dokter
5.
Waiter :
Pelayan
6.
Fisherman : Nelayan
7.
Headmaster : Kepala sekolah
8.
Actor/Actress : Aktor/Artis
9.
Secretary : Sekretaris
10.
Policeman : Polisi
11.
Sailor :
Pelaut
12.
Tailor :
Penjahit
13.
Nurse :
Perawat
14.
Postman : Tukang pos
15.
Driver :
Sopir
16.
Singer :
Penyanyi
17.
Dancer :
Penari
18.
Gardener : Tukang kebun
19.
Pilot :
Pilot
20.
Entrepreneur : Pengusaha
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Diskusi.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Media : Power Point
Presentation, Video.
2.
Alat : Laptop, LCD, Speaker Active.
3. Sumber Belajar :
Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa
Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Guru menampilkan video yang
berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
ü Guru meminta
peserta didik untuk mengamati video dan menanyakan tentang isi
video.
ü Peserta
didik mengamati video.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta
didik menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang kata sifat untuk mendeskripsikan
orang dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
memberikan teks deskripsi tentang ayah.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan kalimat yang ada didalam teks.
ü Peserta
didik mengikuti dan
menirukan pengucapan kalimat dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
ü Guru meminta peserta didik untuk mencocokan gambar dengan deskripsi yang
tersedia didalam teks.
ü Guru
memberikan teks yang berbeda tentang deskripsi “My Sister”.
ü Guru
meminta peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
Mengasosiasi (15’)
ü Guru meminta peserta didik untuk mencocokkan kata tentang
nama pekerjaan dan kata sifat untuk mendeskripsikan orang dalam bahasa Inggris
dengan bahasa Indonesia.
ü Guru memberikan teks baru tentang “My Brother”.
ü Peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks tersebut.
ü Guru meminta peserta didik untuk menulis deskripsi
tentang salah satu anggota keluarga mereka.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempresentasikan teks deskripsi mereka di depan
kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang materi
yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari di pertemuan yang akan datang.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan monolog tentang deskripsi
anggota keluarga dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan
struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota
keluarga.
|
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan
terkait dengan materi seperti:
1.
Do you have family?
2.
How many people in your family?
etc.
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota
keluarga.
|
Keterampilan bertanya berbagai
informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota keluarga.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota
keluarga.
|
ü
Menirukan contoh pengucapan kalimat
deskripsi keluarga.
ü
Menjawab pertanyaan berdasarkn
deskripsi keluarga.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota
keluarga.
|
ü
Menuliskan kalimat sederhana
tentang deskripsi keluarga.
ü
Menjawab pertanyaan tentang
deskripsi keluarga.
ü
Menulis teks deskripsi keluarga.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk mendeskripsikan anggota
keluarga.
|
ü
Mempresentasikan hasil kegiatan
pada aktivitas asosiasi di depan kelas.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang
belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang
sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang
tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi
lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta
ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menyusun text tentang descripsi keluarga.
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang
lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian (Terlampir)
3. Observasi (Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan vocabulary
tentang kata sifat untuk
mendeskripsikan orang.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penggunaan vocabulary tentang deskripsi keluarga
berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman
penilaian :
1.
Skor maksimal
Aktivitas 2, skor maksimal 10
Aktivitas
4, skor maksimal 20
+
30
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai : Skor perolehan X 100 =
Skor maksimal
Speaking Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas, 24 Oktober 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2
= Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5
= Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas
Siswa 1
(Observe the video)
Aktivitas
Siswa 2 (Individu)
|
Match the words with
their meaning provided!
- Dentist
- Tailor
- Nurse
- Driver
- Fisherman
- Confident
- Selfish
- Smart
- Cruel
- Generous
Aktivitas
Siswa 3
My Brother
Hello,
everyone. My name is Dewi. I would like to tell you about my brother. His name
is Bambang Pamungkas.
My brother is thirty-five years old. He is an athlete. He
is football player. He joins with Indonesian football team.
My
brother is handsome and tall.
His height is about 180 centimeters. He has moustache and beard. He has slanted eyes and pointed
nose. His hair is straight. He also has brown skin.
My brother likes playing
football. He plays football with his friends three times a week, on Sunday,
Thursday and Saturday. My
brother is smart and kind. Everyone loves
and respects him.
I am proud of him.
That’s
my brother. Thank you.
Answer the questions below.
1.
How old is Bambang
Pamungkas?
2.
What does he do?
3.
What does he look
like?
4.
How tall is he?
5.
What is his hobby?
Aktivitas
Siswa 4
Make a description
about one of your family member.
Homework
Please describe this
person.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar