RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 (satu)
Materi Pokok : How Many Pets do You Have?
Sub Materi : Count Things
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.5 :
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
KD 4.6 :
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Mengidentifikasi benda, binatang, dan
bangunan umum.
2. Menyebutkan
dan menghitung nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
3.
Membaca dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata secara
baik dan benar dalam bahasa Inggris.
4.
Menuliskan kalimat menggunakan nama benda, nama binatang, dan nama bangunan umum.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengidentifikasi,
menyebutkan,
menghitung nama-nama benda dan menggunakannya dalam kalimat bahasa Inggris
dengan baik dan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
SCHOOL ENVIRONMENT
Things in the
classroom :
1. a globe :
globe
2. a clock :
jam
3. a picture :
gambar
4. an air conditioner :
pendingin ruangan/AC
5. a cupboard :
lemari
6. a board :
papan tulis
7. a door :
pintu
8. a window :
jendela
9. a book :
buku
10. a desk :
meja tulis
11. a table :
meja
12. a chair :
kursi
Things in the bag:
1.
a pencil : pensil
2.
a ruler : penggaris
3.
a glue : lem
4.
an eraser : penghapus
5.
some books : buku-buku
6.
a bottle : botol
7.
a lunch box : kotak makan siang
8.
a sharpener : pengasah
9.
a pair of scissors : gunting
How
many bag do you have?
I have one bag.
I have two bags.
HOME ENVIRONMENT
1. LIVING ROOM
Things
in the living room
1.
a picture : gambar
2.
a lamp :
lampu
3.
a bookcase : rak buku
4.
a television : televisi
5.
a telephone : telepon
6.
a sofa :
sofa
7.
a carpet :
karpet
8.
a table :
meja
ü Is there a tv in the living room?
There
is a
TV set in the living room.
There is a sofa in the living room.
There is a table in the living room.
ü How many lamps are there in the
living room?
There
are two lamps in the living room.
There are two magazines in the living
room.
2. BEDROOM
Things
in bedroom
1.
a wardrobe : lemari pakaian
2.
a pillow :
bantal
3.
a lamp : lampu
4.
a mirror :
kaca
5.
a dressing table : meja rias
6.
a bed : kasur
7.
a bolster : guling
8.
a blanket : selimut
ü Is there a lamp in the bedroom?
There is a lamp
in the bedroom.
There
is ..................
ü How many pillows are there in the
bedroom?
There
are two pillows in the bedroom.
There
are................
3. KITCHEN
Things in the kitchen
1.
a sink :
bak cuci piring
2.
a frying pan : penggorengan/ wajan
3.
a pan :
panci
4.
an oven :
oven
5.
a refrigerator : lemari pendingin
6.
a stove :
kompor
7.
A cabinet : lemari kaca
4.
BATHROOM
Things in the
bathroom
1.
a mirror : kaca
2.
a sink : bak cuci
3.
a bucket : ember
4.
a shower : penyiram
5.
a scoop : gayung
6.
a tub : bak
7.
a toilet : toilet
There is/There are
Pattern:
Subject
|
is/are
|
sentence
|
There
|
Is
|
a
sofa
an
eraser
|
There
|
Are
|
three
lamps
|
Have/Has
Pattern:
Subject
|
have/has
|
Sentence
|
I
You
We
They
The
students
|
have
|
a
book
a
ruler
an
eraser
three
pencils
a
table
|
He
She
It
The
bag
|
has
|
p
pen
an
eraser
two
books
two
pockets.
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Diskusi.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Media : Power Point
Presentation, Gambar.
2. Alat : Laptop, LCD.
3. Sumber Belajar :
Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII When English Rings a Bell. Buku Bahasa
Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati (15’)
ü Guru menampilkan gambar yang
berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
ü Guru meminta
peserta didik untuk mengamati gambar dan menanyakan tentang isi
gambar.
ü Peserta
didik mengamati gambar.
Menanya (15’)
ü Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta
didik menanyakan tentang perbedaan antara cara menyebutkan
dan menanyakan nama benda dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
Mengumpulkan Informasi
(15’)
ü Guru memberikan gambar tentang benda yang ada di lingkungan rumah.
ü Guru meminta peserta didik menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah benda
dalam bahasa Inggris.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan nama dan
kalimat tentang benda yang ada digambar.
ü Peserta
didik mengikuti dan
menirukan pengucapan nama
dan kalimat tentang benda yang ada digambar dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
ü Dengan nama-nama benda yang telah disebutkan peserta didik, guru meminta
peserta didik untuk membuat kalimat tentang benda yang ada digambar..
Mengasosiasi (15’)
ü Guru memberikan gambar lain tentang benda yang ada di lingkungan
rumah.
ü Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan dan
menanyakan tentang nama-nama benda yang ada di gambar.
ü Guru meminta peserta didik untuk membuat kalimat tentang
nama-nama benda yang ada digambar.
ü Guru meminta peserta didik untuk menyusun huruf yang
membentuk kata tentang nama benda.
ü Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan nama benda
dan membuat kalimat tentang benda tersebut.
ü Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar tentang
benda dan meminta peserta didik untuk menyebutkan dan membuat kalimat tentang benda
yang ada digambar.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil deskripsi benda.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
presentasi.
c.
Penutup
(5’)
ü Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang materi
yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari di pertemuan yang akan datang.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan monolog menyebutkan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dengan
kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Tingkat
ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik.
|
Menemukan informasi dengan
menjawab pertanyaan terkait dengan materi seperti:
1.
What are the things in the
classroom?
2.
How many pencils do you have?
3.
What are the animals in the
zoo?
4.
How many animals in the zoo?
5.
What are the public places in
your hometown?
etc.
|
MENANYA
|
Tingkat
ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik.
|
Keterampilan
bertanya tentang
perbedaan antara cara menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Tingkat
ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik.
|
ü
Mendengarkan dan menyaksikan
banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris.
ü
Menirukan contoh-contoh
interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda,
dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan sikap yang benar.
ü
Menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik dalam
konteks pembelajaran
|
MENGASOSIASI
|
Tingkat
ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik.
|
ü
Membandingkan ungkapan
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
ü
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang
digunakan.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Tingkat
ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik.
|
Mempresentasikan hasil kegiatan
pada aktivitas asosiasi di depan kelas.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua
kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa
unsur bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan
unsur bahasa yang sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan
unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog
|
Membaca script, kosa kata
terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata
terbatas tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial,
struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
|
Penggunaan kata, kalimat, dan
struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan
tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan
multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa
membaca namun kurang lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa
membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan
belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada catatan tentang nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik
yang mendukung proses penggunaan nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan publik berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan
penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman
penilaian :
1.
Skor maksimal
Aktivitas 2, skor maksimal 5
Aktivitas 3, skor maksimal 15
Aktivitas 4, skor maksimal 20
+
40
2.
Nilai maksimal = 100
3.
Nilai : Skor perolehan =
4
Speaking Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula for scoring:
|
|
Banyumas, 30 Oktober 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina C.S, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta
Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2
= Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5
= Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS
SISWA
Aktivitas 1
(Observasi gambar
kelas)
Aktivitas
Siswa 2
Write the words in the classroom.
|
P
|
|
N
|
|
|
L
|
|
E
|
|
A
|
|
E
|
|
|
B
|
|
|
K
|
|
T
|
|
B
|
|
E
|
|
R
|
|
L
|
|
R
|
Answer Key :
1.
Pencil
2.
Eraser
3.
Book
4.
Table
5.
Ruler
Aktivitas
Siswa 3
Write
sentences in the table below using the information given.
How
many pencils do you have?
I
have three pencils
How
many pencils does she have?
She
has two pencils
How
many rulers does he have?
He
has three rulers
Aktivitas
Siswa 4
Please describe the picture.
Write down the name of the things in the picture and
make the sentences
No.
|
Things
|
Sentences
|
1
|
Lamp
|
There are three lamps.
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
|
Etc
|
|
Homework
Write down the things you
can find at your home.
Things in the:
|
|||
Living room
|
Bedroom
|
Kitchen
|
Bathroom
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar