RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 2 Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Sub Materi :
Telling Time
Pertemuan :
4
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.3 : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks lisan dan tulis untuk
menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun.
KD
4.3 : Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3. Menyebutkan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan
tahun dalam bahasa inggris.
4. Menyusunnama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal dan tahundalam bahasa inggris.
5. Menggunakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6. Menulis
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan
mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat mengidentifikasi waktu
dengan baik, membaca, mengeja dan menulis jam dalam kata-kata dengan baik dan
benar, misalnya It’s a quarter past three.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Telling
Time
Jam analog Jam
Digital
|
Jarum
panjang = long hand
Jarum
pendek = short hand
Penggunaan
a.m. dan p.m
a.m : ante meredium (00.00 - 12.00)
p.m : post meredium (12.00 - 00.00)
Cara
membaca jam digunakan beberapa cara:
1. Gunakan
o’clock hanya untuk pukul tepat.
Contoh:
07:00 = It is seven o’clock
02:00 = It is two o’clock
11:00 = It is eleven o’clock
2.
Menggunakan ‘to’ (kurang/menuju) untuk
menit 31 sampai dengan 59.
Contoh : 5.35 : It is twenty
five to six (Jam 6 kurang 25 menit)
8.50
: It is ten to nine (10 menit menuju pukul 9)
10.45
: It is fifteen to eleven (15 menit menuju pukul 11)
3.
Menggunakan ‘past’ (lebih) dan menceritakan menitnya terlebih dahulu
kemudian mengucapkan jamnya.
Contoh: 5.10 : It is ten
past five (Jam 5 lebih 10 menit)
10.20
: Twenty past ten (Jam 10 lebih 20 menit)
09.25
Twenty five past nine (Jam 9 lebih 25 menit)
4.Untuk
30 menit, pada bahasa Inggris disebut ‘half’
Contoh: 5.30 : It is half past
five (Jam 5 lebih 30 menit)
6.30
: It is half to seven (Jam 7 kurang 30 menit)
5.
Untuk 15 menit, pada bahasa Inggris disebut ‘a quarter’.
Contoh:
2.15 : A quarter past two (Jam 2 lebih 15 menit)
8.45
: A quarter to nine (Jam 9 kurang 15 menit)
Listen
carefuly and repeat.
1.
07.00 : It’s seven o’clock
2.
07.15 : It’s a quarter past seven
3.
07.30 : It’s half past seven
4.
07.45 : It’s a quarter to eight
5.
08.10 : It’s ten past eight
6.
08.25 : it’s twenty five past eight
7.
08.35 : It’s twenty five to nine
8.
08.50 : It’s ten to nine
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning, Diskusi.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Power Point
Presentation, Video, Kertas Asturo
warna
2.
Alat : Laptop, LCD, dan
Speaker Active
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku
Guru Bahasa Inggris Kelas VII When
English Rings a Bell. Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang waktu
(jam).
ü Guru
bertanya kepada siswa isi yang ada didalam video.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta
didik mempertanyakan kosakata yang
dirasa sulit seperti ‘past’, ‘to’ ‘half’, ‘quarter’.
ü Guru mengklarifikasi
pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara pengucapan kalimat tentang waktu, misalnya It’s a quarter past three.
ü Peserta
didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
ü Guru
memberikan contoh lain cara menuliskan jam dalam bentuk
tulisan.
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara membaca
dan menulis jam
dengan baik dan benar.
Mengasosiasi
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk menuliskan waktu
dalam bentuk angka.
ü Guru
menunjuk peserta didik secara acak untuk menjawab
pertanyaan.
ü Secara individu guru meminta peserta didik untuk
menuliskan waktu dalam bentuk angka dengan soal lisan langsung dari guru.
ü Secara kelompok guru meminta
peserta didik untuk menggambarkan jam
serta menuliskan angka dan cara membaca jam tersebut di kertas asturo warna.
ü Setiap kelompok mendapat kertas asturo dengan berbeda
warna.
Mengkomunikasikan (15’)
ü Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas dengan
membaca/mengintonasikan jam.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
persentasi.
c. Penutup (5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Menuliskan waktu dalam bentuk
angka dan tulisan dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka.
|
Menemukan informasi dengan
menjawab pertanyaan seperti:
1.
07.00 =.......
2.
A half past eight = .........
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut waktu
dalam bentuk angka.
|
Keterampilan bertanya berbagai
informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk menyebut waktu dalam bentuk angka.
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut waktu
dalam bentuk angka.
|
ü
Menjawab pertanyaan singkat
tentang waktu dalam angka.
ü
Menulis jam dalam bentuk
kata-kata dan dalam bentuk angka.
ü
Menggambar jam serta menuliskan
angka dan cara membacanya.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut waktu
dalam bentuk angka.
|
Menuliskan jam dalam bentuk
tulisan dan dalam bentuk angka.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut waktu
dalam bentuk angka.
|
ü
Mempresentasikan hasil
pengumpulan data tentang fungsi sosial waktu dalam angka.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas
pelaksanaannya
|
Kegiatan
jelas namun tidak rinci
|
Beberapa
kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat
kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas
namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas
dengan struktur dan unsur bahasa yang sederhana
|
Kalimat
dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan
monolog dan dialog
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
|
Lancar dan
kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting
dan menulis teks
|
Penggunaan
kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan
hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan
hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan
multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
|
Menggunakan
multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan
harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan
catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada kumpulan
karya peserta didik yang mendukung proses penulisan jam berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan
hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
4
|
Ada catatan penilaian
diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1. Skor
maksimal
Appendix
3, skor maksimal 10
2. Nilai
maksimal = 100
3. Nilai
: Skor perolehan
X 100 =
Skor maksimal
Speaking
Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
|
a. Pronunciation and intonation
|
||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
19 September 2014
|
Guru
Pamong,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul Hotimah
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Banyumas
Suyudi,
S.Pd
NIP. 19550923 198203 1 004
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2
= Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5
= Amat Baik
LAMPIRAN
GAMBAR
UNTUK BRAINSTORMING
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Activity
1.
(Observe the video)
Activity 2
Activity
3 (Individu)
Listening exercise
1.
It is seven o’clock
= _________________________________________________
2.
It is a quarter to
five = _______________________________________________
3.
It is ten to nine =
___________________________________________________
4.
It is eleven past
eight = ______________________________________________
5.
It is twenty five
past eight = __________________________________________
6.
It is a quarter
past one = _____________________________________________
7.
It is half past
eight =_________________________________________________
8.
It is two o’clock
=___________________________________________________
9.
It is twelve to six
= _________________________________________________
10.
It is twenty past
three =__________________________________________
Group Discussion
Draw the hands on the clock and write into the sentence.
03:20
12.50 10.55
12.15
11.35 11.30 10.15 06.45
Post Test
Homework
Write the following time in verbal
forms.
1.
It is 07.00 = ________________________________________________
2.
It is 12.15 = ________________________________________________
3.
It is 08.30 = ________________________________________________
4.
It is 02.56 = ________________________________________________
5.
It is 04.10 = ________________________________________________
6.
It is 09.20 = ________________________________________________
7.
It is 06.45 = ________________________________________________
8.
It is 05.00 = ________________________________________________
9.
It is 01.35 = ________________________________________________
10. It
is 03.50 =
________________________________________________
11. It
is 10.10 =
________________________________________________
12. It
is 12.05 =
________________________________________________
13. It
is 01.30 =
________________________________________________
14. It
is 04.00 =
________________________________________________
15. It
is 02.20 =
________________________________________________
Selamat malam bu, apakah ada RPP Bahasa Inggris K13 edisi revisi 2016. kalau ada, saya minta kirim lewat email saya. willyweong@gmail.com
BalasHapusTerima kasih sebelumnya,bu.
mbak guru yang ayu
BalasHapusboleh minta RPP dll kelas 7 - 9 gak?
kalo boleh pliss kirimkan ke email Q ini mbak guru yang manis
subayburrok59@gmail.com
Rppx sangat bagus bu
BalasHapusterima kasih ibu yang telah membagikan ilmunya tentang rpp time
BalasHapusTerimakasih buk.. Ilmunya sangat bermanfaat sekali...
BalasHapusSangat bermanfaat, thank you so much
BalasHapusbu boleh minta file nya ke naprill09@gmail.com ?
BalasHapusterimakasih ibu, sangat membantu rppnya
BalasHapus