RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2
Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Sub
Materi : Cardinal
Numbers and Years
Pertemuan : 3
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.3 :
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
KD
4.3 : Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3. Menyebutkan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan
tahun dalam bahasa inggris.
4. Menyusunnama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal dan tahundalam bahasa inggris.
5. Menggunakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6. Menulis
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui proses pengamatan dan bertanya
peserta didik dapat mengetahui, membaca, dan mengintonasikan angka Cardinal
Number (angka biasa) dan menuliskan tahun dalam bentuk kata-kata dengan
baik dan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
ü Cardinal
Number (angka biasa)
|
1. Untuk menyatakan belasan, digunakan
akhiran teen kecuali 11 and 12
E.g: 13 = thirteen 15
= fifteen
14 = fourtheen 16
= sixteen
2. Untuk menyatakan puluhan, digunkan akhiran
ty kecuali 10.
E.g: 20 = twenty 40
= fourty
30
= thirty 50 = fifty
3. Untuk menyatakan ratusan, digunakan
akhiran hundred.
E.g: 345 (three hundred and fourty five)
213 (two
hundred and thirteen)
4. Untuk menyatakan ribuan, digunakan akhiran
thousand
E.g: 2,345 (two thousand three hundred and fourty
five)
ü Arithmetic
|
Example of arithmetic :
2 × 3 = 6 (two multiplied three is six)
9 ÷ 3 = 3 (nine devided by three is
three)
5 + 5 = 10 (five plus five is ten)
6 – 5 = 1(six minus five is one)
ü Names of The Years
Untuk menyatakan tahun
menggunakan potongan dua angka atau dibaca lengkap.
Contoh
:
1999
: nineteen ninety nine
2006
: two thousand and six
2014
: two thousand and fourteen
1945 : nineteen forty five
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Video
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris
Kelas VII When English Rings a Bell. Buku
Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang angka cardinal dalam bahasa inggris.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan angka cardinal yang ada di video.
ü Peserta
didik menirukan contoh pengucapan angka cardinal.
Menanya
(5’)
ü Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan cara mengintonasikan angka
cardinal dengan baik dan benar.
ü Guru
mengklarifikasi pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan
tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk menuliskan angka cardinal dalam bentuk angka dan
tulisan.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mengintonasikan angka cardinal dalam bentuk
tulisan.
ü Peserta
didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara
membaca dan menulis angka cardinal dengan baik dan benar.
Mengasosiasi
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk menuliskan aritmatika dalam bentuk tulisan.
ü Guru
meminta peserta didik untuk mencocokkan tahun dalam bentuk angka dengan tahun
dalam bentuk tulisan.
ü Secara
kelompok, guru meminta peserta didik untuk mengisi teka teki tentang angka
cardinal.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok teka teki tentang angka cardinal.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
persentasi.
c. Penutup (5’)
ü
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan praktek tentang penulisan angka cardinal di
depan kelas dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur
teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan
seperti:
1. How to say 8 in words?
2. How to write nine in number?
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Keterampilan bertanya berbagai informasi
tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Menulis angka cardinal ke bentuk
tulisan dan tulisan ke bentuk angka.
ü Menuliskan angka aritmatika dalam
bentuk tulisan.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Mencocokkan tahun dalam bentuk
angka dengan tahun dalam bentuk tulisan.
ü Mengisi angka cardinal dalam teka
teki silang.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan
data tentang angka cardinal.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang
belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang
sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang
tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan monolog dan dialog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi
lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta
ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menulis teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang
lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan
harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada rekaman monolog teks perkenalan diri.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penulisan teks perkenalan diri berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1.
Skor
maksimal
Appendix 1, skor
maksimal 50
Appendix 2, skor
maksimal 50
+
100
2.
Nilai
maksimal = 100
3.
Nilai
: Skor perolehan
X
100 =
Skor
maksimal
Speaking
Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
September 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina
CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul
Hotimah
NIM.
1101050069
|
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN
AKTIVITAS SISWA
Aktivitas 1.
Write the number to words, and
the words to number.
1.
14 =
________________________________________
2.
25 =
_________________________________________
3.
356 =
________________________________________
4.
1050 =
_______________________________________
5.
3011 = _______________________________________
6.
Eight hundred and thirty six
=______________________
7.
Fifty five =
_____________________________________
8.
Two thousand and five =
__________________________
9.
Four thousand and twelve =
_______________________
10. Five
thousand and twenty nine = ___________________
Aktivitas 2.
Write the following
number in words!
1)
6 + 2 = 8 (six plus two is eight)
2)
9 - 6 =
.....................................
3)
5 x 2 =
....................................
4)
8 : 2 =
....................................
5)
4 + 3 = ...................................
6)
7 – 1 =
...................................
7)
9 x 1 =
...................................
8)
2 : 2 =
...................................
9)
1 + 8 =
..................................
10) 3 – 1 = ..................................
Aktivitas 3.
Match these years with the words on the right.
1825
Nineteen
ninety two
1992
Eighteen
twenty five
1950
Ninety
fifty
2004
Two
thousand and ten
2000
Two
thousand
2010 Two
thousand and four
Aktivitas 4.
Do you know how to write 1-10? Spell out the number
in the squares below!
Tugas Siswa (Homework)
Hafalkan angka
cardinal dari 1-50!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar