RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 2
Banyumas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/ 1 ( Satu )
Materi Pokok : It’s My Birthday
Sub
Materi : Names of
the Days
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keeradaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat),
dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
KD 3.3 :
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
lisan dan tulis untuk menyebut nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
KD
4.3 : Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C.
INDIKATOR
1. Memahami
fungsi sosial dari kata untuk menyatakan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
2. Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan
kata secara baik dan benar dalam bahasa inggris.
3. Menyebutkan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan
tahun dalam bahasa inggris.
4. Menyusun
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
5. Menggunakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
6. Menulis
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal dan tahun dalam bahasa inggris.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui proses
pengamatan dan bertanya peserta didik dapat mengetahui, menyebutkan dan mengeja
nama-nama hari dalam bahasa inggris dengan baik dan benar. Selain itu, peserta
didik juga mengetahui dan dapat menyebutkan hari sesudah, sebelum, kemarin,
hari ini dan besok sesuai hari yang sudah ditetapkan, contohnya: after Monday
is Tuesday, before Tuesday is Monday, today is Sunday, tomorrow is Monday, yesterday was Saturday.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Names of The Days
Monday
:
Senin
Tuesday
:
Selasa
Wednesday
: Rabu
Thursday
: Kamis
Friday
:
Jumat
Saturday
: Sabtu
Sunday
:
Minggu
1. After
Sunday is Monday
2. After
Monday is Tuesday
3. Saturday
is after Friday
4. Before
Tuesday is Monday
5. Before
Sunday is Saturday
6. Wednesday
is before Thursday
7. Today
is Sunday, tomorrow is Monday
8. Today
is Saturday, yesterday was
Friday
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning.
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point Presentation, Video.
2.
Alat :
Laptop, LCD, dan Speaker Active.
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku Siswa dan Buku Guru Bahasa Inggris
Kelas VII When English Rings a Bell. Buku
Bahasa Inggris SMP kelas VII, Intan Pariwara.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
ü Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
ü Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
ü Guru
bertanya tentang materi sebelumnya dan mereview.
ü Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari.
ü Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
ü Guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (65’)
Mengamati
(15’)
ü Peserta
didik mengamati video tentang hari dalam bahasa inggris.
ü Guru
memberikan contoh pengucapan nama-nama hari yang ada di video.
ü Peserta
didik menirukan contoh pengucapan nama-nama hari.
Menanya
(5’)
ü
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
bertanya tentang kosakata baru yang di temukan siswa dalam contoh.
ü
Peserta didik menayakan bagaimana cara
pengucapan yang baik dan benar mengenai beberapa kata atau ungkapan yang masih
sulit.
ü
Guru memberikan klarifikasi / jawaban berkaitan dengan pertanyaan yang
ditanyakan oleh peserta didik.
Mengumpulkan
Informasi (15’)
ü Guru
mencontohkan kepada peserta didik cara pengucapan kalimat tentang nama-nama
hari, misalnya: Today is Sunday, tomorrow is Monday.
ü Peserta
didik mengikuti dan menirukan pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
ü Dengan
contoh-contoh yang sudah didapat, peserta didik mengetahui bagaimana cara
membaca dan menulis nama-nama hari dengan baik dan benar.
Mengasosiasi
(15’)
ü Guru
meminta peserta didik untuk melengkapi kalimat tentang nama-nama hari,
misalnya: Today is Monday, tomorrow is
..........
ü Secara individu guru meminta peserta didik untuk
menuliskan hari berdasarkan gambar yang guru sediakan.
ü Secara berpasangan, guru meminta peserta didik untuk
melengkapi dialog percakapan tentang nama-nama hari.
Mengkomunikasikan
(15’)
ü
Peserta didik mengisi dialog tentang
hari dan mempraktekannya dengan teman sebangku di depan kelas.
ü Guru
dan peserta didik lain memberikan pendapat kepada peserta didik yang
persentasi.
c. Penutup (5’)
ü Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari.
ü Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Kinerja (praktek)
a.
Melakukan praktek dialog tentang nama hari di depan
kelas 2 orang dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan
struktur teks dan unsur kebahasaan.
b.
Melaksanakan kegiatan saintific (5M)
Aspek
Kegiatan
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan
seperti:
1. What is the
day after Tuesday?
2. What is the day before Monday?
3. Today is Sunday,
tomorrow is .....
|
MENANYA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Keterampilan bertanya berbagai
informasi tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Menjawab pertanyaan singkat
tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal
dan tahun.
ü Mengisi dialog tentang nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
ü Melakukan dialog tentang nama
waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
ü Menuliskan nama hari berdasarkan
gambar yang tersedia.
|
MENGASOSIASI
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
Menalar dan membandingkan tentang pengucapan nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam angka, tanggal dan tahun.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan
tulis untuk menyebut nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
|
ü Mempresentasikan hasil pengumpulan
data tentang fungsi sosial nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam angka, tanggal dan tahun.
|
Rubrik untuk
penilaian kinerja (performance)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa kegiatan jelas dan rinci
|
Semua kegiatan jelas dan rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bisa dipahami
|
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang
belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan unsur bahasa yang
sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang
tepat serta pengucapan lancar
|
Melakukan dialog
|
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi
lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta
ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai.
|
Menyunting dan menulis teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur
kebahasaan tepat serta ada modifikasi.
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang
lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
|
2. Penugasan/ ulangan harian
Tugas
(Terlampir)
Ulangan
harian
(Terlampir)
3. Observasi
(Terlampir)
4. Portofolio
Rubrik
Portofolio
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Guru :
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar.
|
|
|
|
|
2
|
Ada rekaman dialog teks menyebutkan nama hari.
|
|
|
|
|
3
|
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung
proses penulisan dialog nama-nama hari berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
|
|
|
|
|
4
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan
|
|
|
|
|
5
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian :
1.
Skor
maksimal
Appendix 1, skor
maksimal 10
Appendix 3, skor
maksimal 20
+
30
2.
Nilai
maksimal = 100
3.
Nilai
: Skor perolehan
X
100 =
Skor
maksimal
Speaking
Rubric
Student’s name:
________
Class: _____
No.
|
Aspect
|
Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fluency
|
||||
2.
|
Language
|
||||
a. Pronunciation and intonation
|
|||||
b. Grammar
|
|||||
c. Vocabulary and content
|
|||||
3.
|
Performance (
eye contact, facial expression, gesture)
|
||||
Total Score
|
|||||
Maximum Score
|
20
|
Note:
1 = Not
competent
2 = Competent
enough
3 = Competent
4 = Very
competent
Formula
for scoring:
|
|
Banyumas,
September 2014
|
Guru
Pamong ,
|
|
Mahasiswa
PPL,
|
Chatarina
CS, S.Pd
NIP.
19641210 198601 2 003
|
|
Hudriatul
Hotimah
NIM.
1101050069
|
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator Sikap
|
||||
Bertanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
||
1
|
Ali Sholikhin
|
|
|
|
|
|
2
|
Alvin Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
3
|
Arafli Tri Siskarno
|
|
|
|
|
|
4
|
Fachrudin Fathur Rohman
|
|
|
|
|
|
5
|
Heri Prayitno
|
|
|
|
|
|
6
|
Meiko Nur Andrean
|
|
|
|
|
|
7
|
Mohamad Rizal Pradana
|
|
|
|
|
|
8
|
Muchamad Riyan
|
|
|
|
|
|
9
|
Muchamad Yusuf
|
|
|
|
|
|
10
|
Pudji Pangestu
|
|
|
|
|
|
11
|
Rafizta Pri Andika
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi Nur Fatur Rohman
|
|
|
|
|
|
13
|
Rizal Nurdi Siswanto
|
|
|
|
|
|
14
|
Roy Bagas Romadona
|
|
|
|
|
|
15
|
Satria Putra Perwira
|
|
|
|
|
|
16
|
Sutrimo Bayu Aji
|
|
|
|
|
|
17
|
Teguh Winarko
|
|
|
|
|
|
18
|
Tomi Al Fandi
|
|
|
|
|
|
19
|
Wahyu Aldiansyah
|
|
|
|
|
|
20
|
Yayank Restu Firmansyah
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa Rahma Diyanti
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa Sekti Khotimah
|
|
|
|
|
|
23
|
Gita Dwi Septiani
|
|
|
|
|
|
24
|
Gusmita Tri Anjani
|
|
|
|
|
|
25
|
Handwi Pramesti
|
|
|
|
|
|
26
|
Linda Arum Mawarni
|
|
|
|
|
|
27
|
Novida Ayu Kusumawardani
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Nurkhasanah
|
|
|
|
|
|
29
|
Tantri Arniati
|
|
|
|
|
|
30
|
Veggy Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
31
|
Wanda Fahlevi
|
|
|
|
|
|
32
|
Widya Puspita Anggraeni
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1 = Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4
= Baik 5 = Amat Baik
LAMPIRAN AKTIVITAS SISWA
Aktivitas 1.
Complete
the following sentences!
1.
Today is
Monday, tomorrow is ..........
2.
Today is
Tuesday, yesterday was ...........
3.
Yesterday was
Sunday, tomorrow is .........
4.
Tomorrow is
Saturday, yesterday was ........
5.
Today is
Wednesday, tomorrow is Thursday and yesterday was ........
6.
Today is
Friday, tomorrow is ........
7.
Yesterday was
Monday, today is ........
8.
Tomorrow is
Friday, today is Thursday, and yesterday was ........
9.
After
Wednesday is ...........
10. Before Tuesday is ............
Aktivitas 2.
Write the names of the day when you have activities
shown on the pictures!
Aktivitas 3.
Complete the dialogue with the suitable days and
practice with your partner.
A :
What is the day after Monday?
B :
_________________________
A : If
today is Friday, what was the three days ago?
B :
_________________________
A : If
today is Tuesday, what is the day tomorrow?
B :
_________________________
A : What
is the day after Saturday?
B :
_________________________
A : If
today is Wednesday, what was the day yesterday?
B :
_________________________
Tugas Siswa (Homework)
Please write down your schedule in week here!
Monday
|
Tuesday
|
Wednesday
|
Thursday
|
Friday
|
Saturday
|
Sunday
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar